Home / Sains / Google Borong Listrik dari Norwegia, Buat Apa?

Google Borong Listrik dari Norwegia, Buat Apa?

Foto: GettyImages

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Meski belum selesai dibangun, sebuah pembangkit listrik tenaga angin di Norwegia bernama Zephyr and Norsk Vind Energi sudah kebagian kontrak dari Google.

Dalam kontrak tersebut, Google akan membeli listrik yang diproduksi pembangkit listrik itu selama 12 tahun ke depan, setelah mereka mulai beroperasi pada akhir 2017 mendatang. Zephyr and Norsk Vind Energi mempunyai kapasitas total sebesar 160 megawatt.

“Ini adalah perjanjian listrik tenaga angin Google yang pertama di Norwegia dan yang paling besar sampai saat ini di Eropa, yang merupakan langkah penting terhadap komitmen Google,” ujar Marc Oman, EU Energy Lead Google Global Infrastructure.

Nantinya, mereka akan menjadi pembangkit listrik tenaga angin terbesar di negara Nordik. Google sendiri menggunakan listrik itu untuk memberi tenaga pada data center mereka yang terletak di Eropa.

“Google sudah (menggunakan listrik) bebas karbon sejak 2007, dan berkomitmen untuk menggunakan energi terbarukan untuk semua operasi kami,” tambah Oman, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (1/7/2016).

Perjanjian kerja sama ini diurus oleh BlackRock, manager aset paling besar di dunia, yang akan mengurus pendanaan proyek ini. Sayangnya Google enggan menyebut uang yang mereka keluarkan untuk kerja sama pembelian listrik ini.

(asj/ash)

Sumber: Detik.com
Baca Juga :  IULI perkuat kerjasama dengan Universitas Mitra di Eropa

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button