Home / Sains / Ini 4 Jenis Emosi yang Wajib Dikenalkan kepada Anak

Ini 4 Jenis Emosi yang Wajib Dikenalkan kepada Anak

Pola asuh (Foto: Tipsofdivorce)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Tak hanya secara akademis anak perlu bimbingan orangtua, sejak dini pun anak perlu dibimbing mengelola emosi. Kita tahu, pada umumnya orang Indonesia mempunyai kebiasaan untuk menyimpan isi hati tanpa meluapkannya, ini kebiasaan yang salah. Karena, untuk beberapa alasan, kadang emosi harus diluapkan.

Selain itu, berawal dari emosilah rasa empati tumbuh. Lantas, emosi seperti apa yang harus dikenalkan pada anak? Berikut penjelasan dari psikolog Saskia Panggabean kepada Okezone seusai acara Edukasi Health Agent Award 2016, belum lama ini.

“Marah, takut, sedih dan senang,” itulah empat emosi dasar yang harus diperkenalkan pada anak menurut penjelasan Saskia.

Tambahnya, ketika anak sedih, dia tahu bagaimana menanggulangi perasaannya. Lalu, begitu juga ketika ada temannya yang lain sedih dia akan menghibur temannya yang sedih karena tahu bagaimana rasanya.

Rasa takut juga bisa diajarkan ketika sedang menyaksikan film horor, misalnya, biarkan anak merasakan degup jantung dan Anda definisikan bahwa itu rasa takut.

Mengenalkan beragam emosi bisa dimulai dari usia dua tahun saat bisa diajak berdiskusi. “Emosi penting sekali untuk diperkenalkan di usia prasekolah. Karena, saat sudah sekolah itulah implementasinya. Sehingga, ketika ada emosi apa pun yang mereka rasakan, mereka bisa mengekspresikannya,” tutup Saskia. (vin)

Penulis  : Afiza Nurmuseriah
Editor    : Erny
Sumber : Okezone.com
Ayo Komentari Artikel Ini !
Baca Juga :  SBY dan TNI gusar, bagaimana dengan Jokowi...?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button