Home / News NTT / Ini Penyebab Sekolah-sekolah Negeri di Kota Kupang Kekurangan Siswa

Ini Penyebab Sekolah-sekolah Negeri di Kota Kupang Kekurangan Siswa

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Jerhans Ledoh (tengah)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Masa penerimaan siswa baru untuk sekolah unggulan telah usai, namun sebagian besar sekolah Negeri di Kota Kupang mengalami kekurangan siswa untuk tahun ajaran (TA) 2016/2017. Hal ini disebabkan banyak siswa yang ingin bersekolah pada sekolah-sekolah unggulan dengan letak yang strategis di Kota Kupang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Jerhans Ledoh kepada wartawan di Kota Kupang, Kamis (28/7/2016).

Menurut Jerhans, untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), ada 16 sekolah yang mengalami kekurangan siswa, yaitu dari SMP 4, hingga SMP 20. Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ada 8 sekolah Negeri, mulai dari SMA 4, hingga SMA 12. Hal yang sama juga terjadi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kekurangan siswa juga dialami dari SMK 4 hingga SMK 10.

Jerhans mengatakan, umumnya sekolah yang mengalami kekurangan siswa disebabkan minat siswa yang ingin bersekolah di sekolah-sekolah unggulan, seperti SMP 1 hingga SMP 3, SMA 1 hingga SMA 3, demikian juga untuk tingkat SMK. Padahal untuk sekolah semacam SMP 1 hingga SMP 4, SMA 1 hingga SMA 4, jumlah siswanya membludak,

Dikatakan, untuk sekolah yang masih mengalami kekurangan siswa, penerimaan siswa baru masih akan terus berlangsung selama beberapa hari kedepan. Pembukaan itu sengaja diperpanjang untuk menampung siswa-siswa yang tidak lulus saat mengikuti penerimaan di sekolah-sekolah unggulan.

Penulis: Nyong
Baca Juga :  DPRD Kota Kupang setuju pemekaran kelurahan, persyaratannya...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button