MORAL-POLITIK.COM: Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan nama Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brojonegoro di Istana Negara, Rabu (27/7/2016).

Sri Mulyani bukan orang baru di sektor keuangan nasional. Sebab pada 2005-2010, ia juga sempet mencicipi kursi Menkeu di Era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada 2010 ia memilih mundur dari kabinet dan meneruskan karirnya sebagai Direktur Pelaksana World Bank.

Skandal keuangan Bank Century yang merambat kepolitik disebut-sebut sebagai salah satu alasan srikandi Indonesia yang berpretasi itu hengkang. Berkarir di Bank Dunia, Sri Mulyani banyak mendapatkan pujian.

Dalam wawancara dengan Kompas TV tahun lalu, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim bahkan menyebut Sri Mulyani mampu menangani seluruh sektor publik Bank Dunia dengan baik.

Kini perempuan yang menyelesaikan pendidikannya S2 dan S3 di University of lllinois Urbana Champaign, AS itu kini kembali menduduki kursi menteri di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Sejumlah pihak menanggapi beragam kembalinya Sri Mulyani ke kabinet. Ada yang positif, ada pula yang negatif.

Meski begitu, Presiden Joko Widodo sudah mengambil keputusan. Kini, Sri Mulyani harus menunjukan kinerjanya membawa perekonomian Indonesia mampu melesat di tengah tantangan ekonomi global.

Penulis  : Yoga Sukmana
Editor    : Bambang Priyo Jatmiko, Erny
Sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 1 =