Home / Populer / Ketua DPR Minta Kelompok Abu Sayyaf Dibabat Habis

Ketua DPR Minta Kelompok Abu Sayyaf Dibabat Habis

KOMPAS.com/Nabilla Tashandra -- Ketua DPR RI Ade Komarudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/7/2016)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Ketua DPR RI Ade Komarudin meminta pemerintah Indonesia meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak untuk membebaskan 10 warga negara Indonesia yang disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Filipina.

“Kemarin pendekatan kita sudah cukup persuasif, ternyata dikasih hati minta jantung. Sikat babat habis,” kata Ade di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Ia menganggap, kelompok Abu Sayyaf tak bisa dikatakan teroris melainkan bandit berkedok terorisme. Pasalnya, tindakan mereka tak terkait ideologi agama.

“Mungkin bekas didikan terorisme, tapi mereka tidak lagi melakukan tindakan yang basisnya ideologi, tapi soal merampok. Ya, harus disikat,” ucap pria yang akrab disapa Akom itu.

Ade berencana meminta Komisi I DPR untuk lebih proaktif dalam membahas masalah perompakan ini dengan kementerian dan instansi terkait.

“Kami nanti akan minta Komisi I untuk proaktif melakukan pembahasan terkait hal ini pada persidangan yang akan datang,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya mengatakan, saat ini pemerintah masih mengkaji opsi untuk membebaskan seluruh sandera.

Luhut enggan mengungkapkan secara detail opsi apa saja yang akan diambil pemerintah karena bisa mengganggu operasi pembebasan sandera.

Namun, Luhut memastikan opsi untuk melakukan operasi militer di wilayah Filipina belum menjadi prioritas utama.

“Opsi untuk melakukan operasi militer masih kami kesampingkan karena itu menyangkut konstitusi negara lain yang harus kita hormati,” kata Luhut usai melaporkan perkembangan pembebasan sandera kepada Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Baca Juga :  "JK tanggapi santai kritik SBY soal Tim Transisi"

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button