Home / Gaya Hidup / Khusus Para Lajang, Ciri Fisik Berbeda Jadi Daya Tarik dalam Percintaan

Khusus Para Lajang, Ciri Fisik Berbeda Jadi Daya Tarik dalam Percintaan

Foto: Thinkstock

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Studi psikologi melihat bahwa pada individu yang sudah memiliki pasangan, mereka punya kecenderungan untuk tertarik dengan orang lain yang memiliki ciri fisik sama dengannya. Namun hal sebaliknya terjadi pada individu yang lajang.

Sebagai contoh seseorang yang sudah berpasangan dan memiliki hidung mancung mungkin akan melihat orang lain yang punya hidung mancung juga menarik baginya. Tapi apabila orang tersebut masih lajang maka kemungkinannya ia akan lebih tertarik pada orang yang memiliki hidung pesek.

Dalam studi yang dipublikasi di jurnal Frontiers in Psychology, peneliti dari Charles University, Ceko, mengatakan tampaknya status hubungan sosial dapat memengaruhi bagaimana kita menilai ketertarikan pada orang lain.

“Kami menemukan pada partisipan penelitian yang lajang, tidak dalam hubungan romantis, mereka menilai wajah-wajah yang berbeda dengannya lebih menarik dan seksi dibanding wajah-wajah yang mirip,” kata pemimpin studi Dr Jitka Lindova seperti dikutip dari siaran pers universitas, Selasa (19/7/2016).

Lindova menjalankan penelitiannya dengan bereksperimen meminta mahasiswa untuk menilai ketertarikan terhadap contoh foto-foto wajah. Ada foto wajah pria dan wanita namun dari satu orang yang sama yang telah dimanipulasi secara digital.

Hasilnya partisipan yang memiliki pasangan lebih tertarik pada foto wajah orang yang memiliki ciri fisik mirip dengannya sementara untuk partisipan lajang lebih tertarik pada foto wajah orang yang memiliki firi fisik berbeda.

“Interpretasi kami adalah mekanisme persepsi ketertarikan yang membuat kita bisa tertarik pada seseorang dengan genetik yang cocok tertekan pada orang yang punya hubungan,” kata Lindova.

“Ini mungkin sebuah strategi untuk mempertahankan hubungan mencegah kita mencari pasangan alternatif,” pungkasnya.

Penulis  : Firdaus Anwar
Editor    : Erny
Sumber : Detik.com
Baca Juga :  Kekhawatiran Menteri Agama terhadap tingginya angka perceraian

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button