Home / Sejarah / Kisah Gereja Katolik di Sumatra Barat Dibakar…

Kisah Gereja Katolik di Sumatra Barat Dibakar…

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sebuah peristiwa yang nyaris tidak terekam media terjadi di sebuah daerah pinggiran Pasaman, Sumatra Barat. Minggu pagi, telah terjadi pembakaran gereja oleh orang tidak dikenal.

Menurut penuturan sumber informasi, diduga peristiwa pembakaran Gereja Katolik St Maria Diangkat Ke Surga itu telah direncanakan. Hal itu dimungkinkan mengingat ada gelagat mencurigakan sejak hari Sabtu, “Sabtu sore ada seorang warga yang sedang mencari rumput. Melihat ada orang tidak dikenal yang sedang mengitari gereja, warga tersebut mendatangi. Orang tidak dikenal tersebut memakai helm. Ketika ditanya, orang tidak dikenal itu mencari tempat sabung ayam. Setelah dijawab warga tidak ada tempat untuk sabung ayam, orang tidak dikenal itu pergi naik motor Vario warna hitam.”

Warga sama sekali tidak menaruh curiga atas keberadaan orang tidak dikenal itu. Minggu pagi, sekitar pukul 06.00, ada warga lain yang melihat ada orang yang berada di dekat jendela. Warga tersebut berpikiran positif. Ia mengira orang tersebut adalah petugas gereja yang akan membersihkan gereja mengingat siangnya akan dipakai untuk kebaktian rutin. Oleh karena itu, warga tersebut tidak mendekati dan menyapa orang itu.

Sekitar pukul 06.10, ada warga yang hendak pergi ke ladang. Sesampai di dekat gereja, warga ini melihat nyala api dan asap yang keluar dari dalam gereja. Teriakan kebakaran membuat warga yang lain berdatangan dan berusaha memadamkan api. Kesigapan warga menjadikan api cepat dipadamkan dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

“Dari tanda-tanda yang masih tersisa, tempat ini dibakar dengan menggunakan bantal misdinar yang diguyur dengan minyak tanah” ungkap sumber informasi. Akibat pembakaran ini meja kecil yang biasa dipakai untuk meletakkan persembahan umat dan meja altar rusak parah. Lampu-lampu yang ada di atas meja altar pun rusak. Tetapi nampak keanehan, “Salib yang berdiri di samping meja altar utuh, tidak ada tanda-tanda tersambar api. Padahal tempat sekitarnya terbakar.”

Baca Juga :  BKH duga aksi demo di rumah SBY digerakkan kekuasaan

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button