Home / News NTT / Nicky Uly Klarifikasi soal Kewenangan Perbaikan Jalan Pulau Indah…

Nicky Uly Klarifikasi soal Kewenangan Perbaikan Jalan Pulau Indah…

Anggota DPRD Kota Kupang, Nicky Uly.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Polemik soal siapakah yang berkompoten untuk mengerjakan Jalan Pulau Indah, yang merupakan jalan penghubung antara Jalan Frans Seda dan Jalan Timor akhirnya diklarifikasi oleh Anggota DPRD Kota Kupang, Nicky Uly.

“Status jalan tersebut adalah jalan negara, maka dengan sendirinya ruas jalan tersebut merupakan jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Kupang, dan bukannya Pemerintah Provinsi, dalam hal ini Dinas PU NTT,” kata Nicky Uly kepada moral-politik.com, di Kota Kupang, Senin (25/7/2016).

Menurutnya, sesuai aturan dari pemerintah pusat, ada pengelompokan untuk ruas-ruas jalan yang ada,
pengelompokan jalan dimaksudkan untuk mewujudkan kepastian hukum penyelenggaraan jalan sesuai dengan kewenangan pemerintah dan pemerintah daerah. Jalan umum menurut statusnya dikelompokkan ke dalam jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, dan jalan desa.

Menurutnya, jalan nasional merupakan jalan arteri dan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antaribukota provinsi, dan jalan strategis nasional, serta jalan tol. Jalan provinsi, merupakan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan ibukota provinsi dengan ibukota kabupaten/kota, atau antaribukota kabupaten/kota, dan jalan strategis provinsi.

Jalan kabupaten, merupakan jalan lokal dalam sistem jaringan jalan primer yang tidak termasuk jalan yang menghubungkan ibukota kabupaten dengan ibukota kecamatan, antaribukota kecamatan, ibukota kabupaten dengan pusat kegiatan lokal, antarpusat kegiatan lokal, serta jalan umum dalam sistem jaringan jalan sekunder dalam wilayah kabupaten, dan jalan strategis kabupaten.

Baca Juga :  Tim Walikota Patahkan Tim Wakil Walikota Kupang, Jonas Girang, Herman Sendu

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button