Home / Populer / Panglima TNI: Perairan Malaysia dan Filipina Tak Aman

Panglima TNI: Perairan Malaysia dan Filipina Tak Aman

Ilustrasi. (ANTARA/Ahmad Subaidi)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan perairan Malaysia rawan seperti Filipina, menyusul diculiknya tiga anak buah kapal berkewarganegaraan Indonesia di perairan Sabah, Malaysia, Sabtu pekan lalu.

“Laut Malaysia dan Filipina sama-sama tak aman karena yang disandera (kali) ini kapal Malaysia yang tenaga kerjanya berasal dari Indonesia,” kata Gatot di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Menurut Gatot, kasus penculikan awak kapal asal Indonesia kali ini berbeda dengan beberapa kasus serupa yang terjadi sebelumnya. Bila pada kasus terdahulu kapal yang dibajak ialah kapal Indonesia, kali ini kapal berbendera Malaysia.

Meski demikian, anak buah kapal yang diculik hanya yang memiliki paspor Indonesia. Sebelumnya The Star melaporkan, berdasarkan keterangan Komisaris Polisi Sabah Abdul Rashid Harun, komplotan penculik memerintahkan semua orang di kapal untuk berkumpul di geladak dan mengeluarkan paspor. Tiga orang di antara mereka yang membawa paspor Indonesia langsung dibawa, sedangkan sisanya dibebaskan.

Lima orang penculik yang diduga bagian dari Abu Sayyaf itu mengenakan pakaian militer, tak fasil berbahasa Melayu, menenteng senjata laras panjang M14 dan M16, serta naik speed boat.

Gatot mengatakan deretan aksi penculikan terhadap anak buah kapal asal Indonesia dalam tiga bulan terakhir ini sudah masuk taraf mengkhawatirkan. Ia menegaskan TNI siap memakai cara apapun untuk membebaskan para ABK itu, termasuk dengan operasi militer.

Soal rencana patroli bersama tiga negara, Indonesia-Filipina-Malaysia, Gatot mengatakan keputusan final ada di Malaysia dan Filipina.

Luasnya wilayah ketiga negara dinilai sebagai hambatan. “Daerah ini kan luas tak seperti satu petak. Jadi di sini terlihat, tapi di sana tak terlihat,” kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca Juga :  Bagaimana kesiapan Kubu Agung untuk islah dengan Kubu Ical?

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button