Home / Sains / Sulit Hamil? Cobalah Konsumsi Buah Parijoto Warisan Sunan Muria Ini

Sulit Hamil? Cobalah Konsumsi Buah Parijoto Warisan Sunan Muria Ini

TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO PARIJOTO -- Sulit Hamil? Cobalah Konsumsi Buah Parijoto Warisan Sunan Muria Ini. Buah parijoto dipercaya sangat berkhasiat

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Saat berziarah di makam Sunan Muria di Kudus, peziarah akan menemui sejumlah pedagang yang menjajakan buah parijoto di kompleks wisata religi itu. Buah dengan warna ungu kemerah-merahan saat matang itu dijual dengan harga Rp 15.000-Rp 20.000.

Buah tersebut berukuran cukup kecil dan menggerombol dalam setiap tangkainya. Rasa buahnya asam bercampur dengan sepat. Konon jika wanita hamil makan buah itu maka anak yang dilahirkan bisa berwajah tampan atau cantik dengan kulit putih dan halus. Begitu pula bagi pasangan yang belum memiliki anak. Dengan memakannya, dipercaya dapat segera mempunyai momongan.

“Buah ini dipercaya dapat membuat sang jabang bayi cakap saat dilahirkan. Parijoto merupakan tanaman peninggalan atau warisan Sunan Muria,” kata Ketua Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan (PMPH) Pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Muhamad Sokib Garno Sunarno, Selasa (19/7/2016).

Selain itu, parijoto juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain sariawan, diare, dan kolesterol.

Parijoto, kata dia, merupakan tanaman yang tumbuh di lereng-lereng pegunugan dan di hutan yang berada di ketinggian 800-2.300 meter di atas permukaan laut. Di Pegunungan Muria Kudus, parijoto banyak tumbuh di ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut.

Namun, saat ini, parijoto sudah dibudidayakan sebagai tanaman hias karena bentuk buahnya yang cukup menarik dengaa warna mencolok. Tanaman yang termasuk jenis perdu dengan nama latin Medinilla Speciosa serta Anggur Asia (Showy Asian Grapes) itu merupakan primadona Pegunungan Muria, Kudus.

“Tidak ada waktu tertentu untuk panen parijoto. Buah ini dapat dipanen setiap saat,” imbuh Sokib.

Baca Juga :  Survei LSI : Ahok Kalahkan Agus dan Anies

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button