Leo Mooy, Kota Kupang, Kamis (14/7/2016). Foto: Nyongki/Moral-politik.com

 

MORAL-POLITIK.COM: Warga Kota Kupang kesal karena belum diperbaikinya Jalan Pulau Indah di Kelurahan Oesapa Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pasalnya, jalan tersebut sangat padat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, tapi tidak mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Kekesalan itu diungkapkan Leo Mooy, salah satu warga Kota Kupang yang sering melintas di ruas jalan tersebut. Leo yang ditemui media ini dikediamannya, Kota Kupang, Kamis (14/7/2016) siang, mengaku heran mengapa hingga kini ruas jalan tersebut belum diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pekerjan Umum (PU) Provinsi NTT, dan Dinas PU Kota Kupang?

“Saya pernah membaca penjelasan dari Kadis PU NTT Andre W. Koreh di media ini bahwa ruas jalan tersebut masuk dalam kategori jalan tak bertuan. Karena itu Pak Kadis memersilahkan Kadis PU Kota Kupang untuk memerbaikinya tapi dengan ketentuan harus berkoordinasi dengan pihaknya agar tak salah arah,” beber dia.

Leo menuturkan lebih lanjut, dalam kasus jalan tak bertuan seperti itu maka diperlukan koordinasi antara Pemkot Kupang dengan Pemprov NTT,  juga dengan Kementerian PUPR agar ruas jalan tersebut dapat dilalui oleh kendaraan. Selain itu, ruas jalan itu terletak di tengah pusat Kota Kupang sehingga patut dipertimbangkan untuk segera dibenahi.

“Kondisi jalan itu sudah sangat parah, bahkan sering terjadi kecelakaan di sana, sehingga butuh perbaikan sesegera mungkin,” tukas dia.

Hal yang sama juga disampaikan Nikolaus Kadja, salah satu warga Kelurahan Fatululi, Kota Kupang. Menurutnya, pemerintah harus secepatnya memerbaiki ruas jalan itu sebelum terjadi hal-hal yang lebih tidak diinginkan bersama.

Selain itu, sambung dia, jalan itu merupakan salah satu jalur utama yang sering dilalui kendaraan, sehingga butuh penanganan secepat mungkin.

Kadis PU Kota Kupang

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Kota Kupang, Benni Sain mengaku, Dinas PU Kota Kupang sebenarnya sangat ingin memerbaiki ruas jalan tersebut, namun keinginan tidak bisa dilakukan karena terbentur aturan, mengingat jalan tersebut berstatus jalan provinsi.

Kadis PU Provinsi NTT

Terpisah, Kadis PU NTT Andre W. Koreh menjelaskan kepada media ini bahwa jalan di Pulau Indah tersebut masuk dalam kategori jalan tak bertuan. Maksudnya bukan jalan negara, bukan jalan provinsi, dan bukan juga jalan kota.

Malah Andre berujar, jika Kadis PU Kota Kupang ingin memerbaikinya, silahkan berkoordinasi langsung dengan pihaknya untuk dicarikan solusi cerdasnya.

Penulis: Nyongki/Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 4 =