Home / Populer / Wow! Ulama Fethullah Gulen dituding dalang upaya kudeta militer Turki

Wow! Ulama Fethullah Gulen dituding dalang upaya kudeta militer Turki

Presiden Erdogan membahas upaya kudeta. ©2016 Merdeka.com/Kenan Gurbuz/Reuters

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Presiden Reccep Tayyip Erdogan menuding upaya kudeta militer yang sempat menguasai Ibu Kota Ankara dan Istambul didalangi oleh pendukung ulama Fethullah Gulen. Sosok itu adalah rival politik Erdogan yang kini mengasingkan diri di Amerika Serikat.

“Kudeta ini adalah upaya Gerakan Gulen yang sudah direncanakan beberapa bulan terakhir. Para pelakunya adalah tentara yang melabrak hirarki komando,” kata Erdogan seperti dilansir the Guardian, Sabtu (16/7).

Perdana Menteri Binali Yildirim menyuarakan tudingan serupa. Setelah menyatakan upaya kudeta oleh segelintir tentara gagal, dia mengatakan pengikut ulama Gulen akan ditangkap. Menteri Kehakiman Bekir Bozdag memberi keterangan tak jauh berbeda, bahwa otak kudeta ini adalah pengikut Gulen yang kini tinggal di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Saat dikonfirmasi terpisah, juru bicara Gulen membantah tudingan pemerintah Turki. Mereka justru mengklaim tidak mendukung adanya kekerasan serta upaya penggulingan pemerintah.

ulamaUlama Fethullah Gulen rival Erdogan (c) 2016 merdeka.com/Hurriyet Daily News

 

“Komentar dari orang-orang di sekitar Erdogan mengenai pelaku kudeta ini sangat tidak bertanggung jawab,” kata juru bicara Aliansi Nilai Bersama, ormas yang dekat dengan Gulen.

Kantor berita Reuters melaporkan pesawat Presiden Erdogan sudah tiba di Kota Istambul. Dia akan segera menuju Istana Negara di Ankara untuk mengumumkan situasi terkini.

Merujuk perkembangan terakhir, personel militer yang hendak melakukan aksi kudeta telah ditangkap baik oleh polisi maupun rakyat loyalis Erdogan.

Ribuan pendukung setia Erdogan memadati di Kota Izmir maupun Gaziantep, merayakan kegagalan kudeta. Kendati demikian, situasi Ankara dilaporkan masih belum sepenuhnya aman. Sempat terjadi ledakan bom dekat parlemen Turki. Dilaporkan ada 17 polisi tewas tertembak ketika bentrok pengamanan tentara yang melakukan kudeta.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kota Kupang: Sidang I bukan hanya sekedar legitimasi
Reporter : Ardyan Mohamad
Editor     : Erny
Sumber  : Merdeka.com

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button