Pesona Jembatan Benenain, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (27/7/2016) siang. (Foto: Ist)

MORAL-POLITIK.COM – Satu lagi keunikan dari kabupaten termuda di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kabupaten Malaka.

Kabupaten yang mekar dari induk semangnya Kabupaten Belu ini berada di selatan, sedangkan Kabupaten Belu sendiri berada di utara.

Sama seperti Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka juga berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Posisi berbatasan langsung dengan Timor Leste bisa membuahkan keuntungan perekonomian, bisa juga sebaliknya.

benenain1Tiga Dara Malaka sedang menikmati pesona Kali Benenain. (Ist)

 

Hal yang boleh dibilang cukup merisaukan masyarakat Malaka adalah membanjirnya warga eks Timor Timur paska plebesit atau referendum tahun 1999 yang lalu. Sekitar 40 ribu pengungsi memilih melanjutkan sisa-sisa hidupnya di Malaka, kendati hamparan tanah di daerah ini cukup terbatas.

Satunya kebudayaan antara warga Timor Timur dan Malaka mendorong mereka tak tega menelantarkan saudara-saudaranya itu.

Keunikan lain dari Malaka yang bisa dikemas menjadi salah satu obyek pariwisata adalah  jembatan Benenain.

Di seputaran jembatan ini bermukim warga Desa Haitimuk, Kecamatan Weliman yang terkenal dengan sejumlah keunggulannya.

Jembatan Benenain adalah jembatan terpanjang pertama di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memilik kisah tersendiri.

Alkisah bercerita bahwa warga eks Timor Timur yang bermukim di bantaran sungai Benenain merasa resah dengan kehadiran beberapa ekor buaya yang berkeliaran di sungai Benenain, persisnya di bawah kolong jembatan.

Kendati begitu, kemunculannya tak setiap hari, karena aktivitas warga untuk mengambil pasir atau Galian C dilakukan setiap hari tanpa perasaan takut sedikitpun. Sebab, anjing peliharaan sekalipun jika diganggu bakal menyerang tuannya, apalagi dengan buaya yang terkenal sangat ganas apabila mencium bau manusia atau binatang hidup lainnya?

beda1

Jembatan Benenain juga punya pesona beda yang mendorong warga setempat atau NTT yang datang ke Malaka mengencaninya. Minimal untuk berfoto ria ataupun selfi lalu memosting di social media.

Udara ataupun atmosfir di jembatan ini sangat beda dengan di Malaka pada umumnya. Sangat sejuk karena banyak pepohonan besar dan tinggi-tingi yang usianya di atas 40 tahun.

bene2

Hamparan sawah yang berada di bibir jalan sepanjang Anda menyusuri jalan dari Betun, Ibukota Kabupaten Malaka bisa melahirkan alkisah lain.

Kabupaten kini yang dipimpin oleh Bupati Stef Bria Seran dan Wakil Bupati Daniel Asa punya mimpi beda.

Melansir terasntt.com, Bupati Stef dan Wabup Daniel terpanggil untuk membuat yang terbaik bagi masyarakat dan anak cucu di Malaka. Oleh karena itu keduanya meyakini 5 Program Prioritas yang dirintis mampu merubah dan meningkatkan tatanan pembangunan di kabupaten baru itu.

Kelima program dimaksud, lanjut Seran yang pertama adalah, Revolusi Pertanian, Pembangunan Infrastruktur, Air Bersih, Peningkatan Kesehatan, dan Pendidikan.

bene3Yesaya Laitui eksis dengan gaya beda. (Ist)

 

Bagaimana menurut Anda? Berikan komentar di bawah, dan jangan lupa ajak orang-orang istimewamu untuk berwisata di Kabupaten Malaka….

 

Penulis: Vincent (Novelis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 1