MORAL-POLITIK.COM : Pemerintah Kota Kupang yang dipimpin Wali Kota Jonas Salean dan wakil Wali Kota Hermanus Man, berencana akan memberikan pengobatan gratis dengan hanya menggunakan KTP. Ini bukan sekedar wacana belaka. Pasalnya pemerintah sudah berencana menganggarkan anggaran (Kupang : Doi) sebesar Rp. 20 miliar untuk rencana program tersebut.

Jonas Salean kepada moral-politik.com, di Kota Kupang, Sabtu (27/8/2016) menuturkan jika rencana tersebut disetujui DPRD dalam sidang anggaran murni tahun 2017 mendatang, maka pemerintah siap menerapkan program pengobatan gratis pada awal tahun 2017 mendatang.

Dengan adanya pengobatan gratis hanya menggunakan KTP domisili di Kota Kupang, tambahnya, pemerintah akan mencabut kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang saat ini dimanfaatkan warga Kota Kupang untuk berobat secara gratis.

“Sesuai rencana, dana sebesar Rp. 20 miliar bisa untuk mendanai tahap awal rencana program pemerintah tersebut. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk membiayai 121 diagnosa penyakit bagi masyarakat Kota Kupang yang datang berobat hanya menggunakan KTP,” tambahnya.

Sedangkan untuk anak dibawah umur yang belum mempunyai KTP, kata Jonas, pihak orangtua yang mempunyai KTP cukup menunjukan kartu keluarga sebagai bukti bahwa anak tersebut juga merupakan warga Kota Kupang.

Penulis : Nyongky

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

75 + = 85