MORAL-POLITIK.COM : Sejak disosialisasikannya aturan baru pada bulan Mei tahun 2016 lalu tentang kewajiban kepemilikan Surat Tanda Kebangsaan Kapal, atau yang disebut Pas Kecil, dan Sertifikat Kesempurnaan untuk kapal berukuran Gross Tonnage (GT) 7 di wilayah Kota Kupang, sampai saat ini sudah direspons oleh sejumlah pemilik kapal secara baik.

“Hingga Bulan Agustus tahun 2016 ini, sudah sebanyak 192 kapal laut berukuran GT7 di wilayah Kota Kupang yang telah melakukan pengurusan Pas Kecil dan Sertifikat Kesempurnaan bagi kapal-kapal mereka,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Yogerens Leka kepada moral-politik.com, di Kota Kupang, Kamis (23/8/2016).

Dijelaskan, kegunaan dari Pas Kecil dan Sertifikat Kapal yang diwajibkan oleh Dinas Perhubungan Kota Kupang bagi kapal laut ukuran GT7, dalam hal ini kapal-kapal penangkap ikan dengan ukuran panjang maksimal 20 Meter, adalah untuk memastikan kelayakan dari body serta mesin kapal, dan legalitas kepemilikan kapal layaknya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) pada kendaraan roda dua atau roda empat.

Ia mengaku, kapal-kapal ukuran GT7 yang telah memiliki Pas Kecil dan Sertifikat dari Dinas Perhubungan, kelayakan operasinya sudah bisa dipastikan memenuhi syarat dan lebih terjamin tingkat keselamatannya. Karena, dari segi fisik atau body kapal dan mesin yang dimiliki, telah memenuhi standar yang ditentukan.

Selain itu, kapal yang memiliki Pas Kecil dan Sertifikat, juga bisa dipastikan bahwa pemiliknya akan lebih bertanggungjawab terhadap para pekerja ketika kapal mengalami musibah maupun kecelakaan di laut.

Penulis : Nyongky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

34 − = 29