Home / News NTT / Cerita 2 warga Belu ditangkap Polisi Timor Leste

Cerita 2 warga Belu ditangkap Polisi Timor Leste

POS KUPANG/EDY BAU -- Lalulintas di Perbatasan di NKRI - Timor Leste di Motain, Kabupaten Belu

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Dua warga Belu yakni Antoneta Goncalves dan Tomasya Elisa Tilman saat ini tengah menjalani proses hukum di Timor Leste karena diduga masuk secara ilegal.

Seiring dengan itu, pihak keluarga di Atambua dan forum masyarakat peduli perbatasan melakukan aksi unjuk rasa agar keduanya dibebaskan.

Bagaimana kronologisnya sampai keduanya ditangkap? Berikut adalah kronologis yang diperoleh Pos Kupang dari Forum Masyarakat Belu Peduli Perbatasan saat berunjuk rasa di Atambua, Jumat (23/9/2016).

Bahwa telah menjadi salah satu tradisi masyarakat Timor adalah penggalian, pemindahan dan pemakaman kembali tulang rangka/tulang belulang jenazah.

Hal ini yang di lakukan oleh salah satu komunitas masyarakat Timor, Eks Kecamatan Atsabe, Kabupaten Ermera yang notabene Warga Negara Indonesia kelahiran Timor Leste untuk dibawa dan dimakamkan di dusun Atudare, Desa Malabe, Kecamatan Atsabe, Kabupaten Ermera, Timor Leste.

Kedua warga timor di Atambua Antoneta dan Tomasya pun ikut dalam kegiatan ini namun dituduh telah melakukan tindakan melawan Hukum Negara Timor Leste dan hingga hari ini ditahan di rumah tahanan Fatukeru-Gleno, Distrik Ermera selama tiga bulan kedepan.

Adapun Prosesi penggalian, pemindahan dan pemakaman kembali tulang rangka/tulang belulang sebagai berikut :

1). Pada hari Senin dan Selasa, tanggal 22-23 Agustus 2016 keluarga di Atambua melakukan penggalian tulang rangka/tulang belulang jenazah di kuburan pengungsi Eks Timor-Timur di Haliwen-Lesepu-Kelurahan Manumutin-Kecamatan Kota Atambua sebanyak enam tulang rangka/tulang belulang jenasah dan di semayamkan di rumah Bapak Celetino A.Goncalves di Bautasik-Desa Kabuna-Kecamatan Kakuluk Mesak.

Baca Juga :  Nicky Uly jagokan Yohana & Andreas jadi Plt. Wali Kota Kupang

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button