Home / Populer / Kemungkinan, ada Fraksi di Komisi I yang menolak Budi Gunawan

Kemungkinan, ada Fraksi di Komisi I yang menolak Budi Gunawan

Wakapolri Komjen Budi Gunawan. (foto: kaskus.co.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Proses pencalonan Komjen (Pol) Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) tetap berpeluang mendapat respons negatif di DPR RI.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, ada fraksi-fraksi yang kemungkinan menolak sosok Budi untuk menjadi pengganti Letjen (Purn) Sutiyoso.

“Kemungkinan seperti itu pasti selalu ada,” ujar Meutya saat ditemui di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/9/2016).

Meutya tidak dapat menyebut fraksi mana saja yang disebutnya berpeluang menolak penunjukan sosok Budi. Sebab, dia belum mengecek posisi seluruh fraksi di Komisi I.

Dia memperkirakan sebagian besar fraksi di Komisi I akan menyambut baik pencalonan Budi sebagai Kepala BIN. Namun, bukan jaminan dalam perjalanan ke depan ada perubahan sikap.

“Namanya politik itu dalam satu dua hari bisa berubah,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Lebih jauh, mantan jurnalis tersebut pun mengingatkan bahwa berdasarkan undang-undang, Komisi I tidak berhak menyetujui atau tidak menyetujui calon Kepala BIN yang ditunjuk Presiden. DPR, menurut undang-undang, hanya ditugaskan untuk memberikan pertimbangan mengenai calon Kepala BIN pilihan Presiden.

“Komisi I DPR RI tidak dalam posisi menolak atau menyetujui ya, kami hanya bisa memberikan pertimbangan saja,” ujar Meutya.

Baca Juga :  Debat Kedua Pilkada DKI, KPU Rancang Ulang

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button