Home / Populer / Majelis Hakim MK minta Ahok buktikan ada hak konstitusional yang dilanggar

Majelis Hakim MK minta Ahok buktikan ada hak konstitusional yang dilanggar

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Majelis Hakim meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjelaskan kerugian konstitusional terkait UU Nomor 10 Tahun 2016 yang dia mohonkan untuk diuji kembali.

“Saudara pemohon harus menjelaskan kerugian konstitusional terhadap undang-undang. Persoalannya, bapak tidak menguraikan dari sisi mana kerugian terhadapa hak konstitusional,” kata Anggota Majelis Hakim I Dewa Gede Palguna pada sidang permohonan uji materi UU di Mahkamah Konstitusi, Senin (22/08/2016).

Palguna mengingatkan jika kerugian hanya dari sisi jabatan gubernur, sebagaimana yang sudah disampaikan Ahok, permohonan sulit dikabulkan. Oleh karena itu, dia menyarankan Ahok untuk memperbaiki alasan permohonannya.

“Permohonan tidak akan diperiksa jika tidak ada hak konstitusional yang dilanggar,” kata dia.

Dalam sidang perdana ini, Ahok mengajukan gugatan uji materi Undang-Undang Pilkada ke MK terkait aturan wajib cuti bagi petahana yang diatur di dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Ahok meminta MK menguji pasal 70 ayat (3) dan (4). Pada Pasal 70 ayat (3) UU tersebut yang mengatur kewajiban cuti dan larangan menggunakan fasilitas negara saat kampanye.

Sementara itu, ayat (4) menyebut bahwa Mendagri atas nama Presiden berwenang memberikan izin cuti untuk gubernur, sedangkan untuk bupati/wali kota diberikan gubernur atas nama menteri. Ahok ingin pasal yang mengatur soal cuti kampanye diubah.

Ahok sepakat jika calon petahana harus cuti selama masa kampanye, namun dia juga ingin ada pilihan bagi calon petahana untuk menolak cuti. Mantan Bupati Belitung Timur itu beralasan, ketidakinginannya berkampanye karena ingin fokus mengawal pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2017.

 

Penulis : Dhuha Hadiansyah
Editor    : Erny
Sumber : Rimanews.com
Baca Juga :  Alasannya Menteri Tedjo Perlu Dibelikan Kacamata

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button