Home / News NTT / Menuju perdamaian, Ketua MUI NTT: Semua pihak harus menghargai perbedaan !!

Menuju perdamaian, Ketua MUI NTT: Semua pihak harus menghargai perbedaan !!

Foto : Nyongky (moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Dalam rangka mewujudkan perdamaian di Kota Kupang yang dikenal sebagai Kota Kasih dan Kota Flamboyan, peran semua pihak baik masyarakat, kelompok, individu, maupun para tokoh agama serta pimpinan agama, sangat diperlukan.

“Intinya begini, Kota Kupang terdiri dari berbagai Suku, Agama, dan Ras. Para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah, dan masyarakat harus saling menghargai perbedaan, dan jangan memaksa kepentingan satu kelompok atau golongan kepada pihak lain, agar ketentraman di Kota Kasih ini tetap terjaga,” kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) NTT, H. Abdul Kadir Makarim dalam diskusi soal keberagaman yang diselenggarakan oleh Rumah Perempuan Kupang, bertempat di kantor Rumah Perempuan Kupang, Rabu (7/8/2016).

Dalam diskusi itu, selain Ketua MUI NTT, hadir pula beberapa nara sumber diantaranya Pdt. Rio Fanggidae, Pdt. Ina Barapah dari Sinode GMIT, Sekretaris WKRI Provinsi NTT An Kolin, dan kelompok perempuan lintas agama dari Kelurahan Nefonaek dan Batuplat.

Abdul Kadir Makarim mengatakan untuk menciptakan perdamaian dalam keberagamanan, peran MUI menjadi sangat penting. MUI sebagai suatu wadah musyawarah pada ulama, zuama, dan cendikiawan muslim, berusaha terus menerus melakukan tauhidul ummat.

“Upaya untuk menciptakan perdamaian dalam keberagamanan, peran MUI untuk menyatukan umat terutama pemimpinnya untuk menggalang ukhuwah Islamiyah dan sekaligus mewikili umat Islam dalam hubungan dan konsultasi antarumat beragama,” kata Makarim.

Selain itu, kata Makarim, MUI juga melakukan berbagai usaha antara lain memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat, merumuskan kebijakan dakwah islam, memberikan nasehat dan fatwa, serta merumuskan pola hubungan keumatan, dan menjadi penghubung antara ulama dan umara.

Baca Juga :  FirmanMu ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Kota Kupang

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button