Home / Populer / Agus Rahardjo: Ahok Berpotensi Tersangka, Tom Pasaribu sebut jangan hanya bisa beropini tanpa tindakan

Agus Rahardjo: Ahok Berpotensi Tersangka, Tom Pasaribu sebut jangan hanya bisa beropini tanpa tindakan

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Koordinator Komite Pemantau dan Pemberdayaan Parlemen Indonesia (KP3I), Tom Pasaribu mengharapkan KPK tidak cuma pintar beropini dalam menelaah kontribusi tambahan 15 persen yang dibebankan kepada pengembang reklamasi Teluk Jakarta.

Sekadar diketahui, dalam sebuah wawancara khusus dengan salah satu media massa nasional pekan lalu, Ketua KPK, Agus Raharjo menyatakan, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berpotensi dijadikan tersangka karena kebijakan yang dikeluarkannya dalam proyek reklamasi Teluk Jakarta telah memperkaya orang lain yang bisa dikategorikan korupsi.

Menurut Tom, sesuai dengan UU KPK maupun juklak dan juklis, tidak sepantasnya pimpinan KPK memberikan opini.

“Yang harus dilakukan KPK adalah menjadikan seseorang tersangka kalau sudah cukup bukti,” kata Tom melalui siaran elektroniknya, Jumat (30/9/2016).

Meski demikian, kata Tom, secara tak langsung bisa jadi pernyataan Agus sebagai pimpinan KPK, dirinya menilai Agus tengah meminta dukungan dari rakyat untuk menjadikan Ahok jadi tersangka.

Apabila hal ini benar adanya, lanjut Tom, tentu membuat rakyat menjadi ragu dengan lembaga KPK.

“Saya khawatir KPK telah terlibat dalam politik praktis. Kita lihat saja sebelum partai-partai menentukan cagub, pimpinan KPK pernah mengatakan di media bahwa kasus BLBI belum ditutup tetapi begitu partai mengumumkan cagub, pimpinan KPK mengatakan lagi di media bahwa kasus BLBI tidak cukup bukti untuk dituntaskan,” terang Tom.

Tom mengharapkan KPK tidak dicemari politik praktis. Kalau benar tercemar, maka sudah selayaknya KPK dibubarkan. [ipk]

Sumber : media-nkri.com
Baca Juga :  Alasan Ahok takkan pilih Boy Sadikin jadi Wakilnya

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button