MORAL-POLITIK.COM : Bunga Sakura, bunga musiman yang akan indah pada musim mekar sangat identik dengan Jepang. Pasalnya di Jepang kita bisa menikmati keindahan Bunga Sakura, kegiatan ini dinamai “hanami” atau melihat bunga dan kegiatan tersebut telah menjadi tradisi berabad-abad lamanya.

Bagi pecinta keindahan Bunga Sakura (prunus serrulata), tidak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang. Di dalam negeri pun ada. Jadi, kita bisa menikmati `hanami`(tradisi melihat bunga) tanpa harus pergi ke Jepang.

Bunga Sakura ada di Mako Brimob Subden 3 Den A Pelopor Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di sini Anda bisa temukan keindahan mekarnya Bunga Sakura. Uniknya, Bunga Sakura di Pulau Sumba ini tumbuh secara liar, jauh berbeda dengan di Jepang.

Meskipun berada di daerah kering, Pohon Sakura ini tetap menebarkan aroma wangi seperti Sakura yang ada di Jepang yang tumbuh di kawasan dingin.

Sakura di Sumba berbunga pada bulan Oktober, dan akan bertahan hingga bulan November, kemudian gugur.

Warga Sumba juga senang memetik Bunga Sakura untuk dibawa ke rumah karena menebar harum. Selain itu warga juga senang mengambil bibit Bunga Sakura untuk dikembangbiakkan di lahan mereka.

Kasubden 3 Den A Pelopor, Iptu Agustinus Silvester mengatakan, Bunga Sakura yang tumbuh di kompleks Mako Brimob ada dua pohon. Awalya ia merasa ragu karena Bunga Sakura bisa tumbuh dan berkembang biak di Sumba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 3 = 5