Home / Sejarah / 12 tahun tsunami, Gubernur Aceh minta siaga…

12 tahun tsunami, Gubernur Aceh minta siaga…

KOMPAS. COM/MASRIADI -- Plt Gubernur Aceh, Soedarmo didampingi Plt Bupati Aceh Singkil, H. Asmauddin meninjau jembatan darurat yang digunakan akibat banjir di Desa Ujung Bawang dan Desa Sukamakmur, Aceh Singkil, Kamis (1/12/2016)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Provinsi Aceh pernah dirundung duka mendalam lantaran diterpa bencana gempa dan tsunami.

Mengenang peristiwa naas tersebut, Plt. Gubernur Aceh Mayjend TNI (Purn) Soedarmo meminta masyarakat di tingkat gampong (desa) di Aceh untuk membentuk komunitas peduli bencana. Sehingga, saat bencana tiba, semua siap untuk menghadapinya dan setidaknya bisa mengurangi korban jiwa.

Hal ini disampaikan Soedarmo saat memperingati 12 tahun Aceh pasca-gempa dan tsunami.

Disebutkan Plt. Gubernur, peringatan 12 tahun Aceh pasca-gempa dan tsunami bukanlah untuk mengungkit kembali duka, namun menjadikan pengalaman bencana ini menjadi pelajaran bagi kehidupan yang akan datang.

“Kita harus memahami bahwa kita memang hidup di daerah yang rawan bencana, bukan hanya gempa, tetapi juga banyak bencana lainnya, seperti yang baru saja berlalu, yakni gempa di Pidie Jaya, bencana banjir dan longsor. Jadi masyarakat harus siap menjadi warga yang siaga bencana, dan menjadi masyarakat yang bisa hidup berdampingan dengan bencana,” jelas Soedarmo di Masjid Baiturrahim Ulhee Lheu Banda Aceh, Senin (26/12/2016).

Soedarmo juga mengingatkan bahwa masyarakat Aceh di tingkat kecamatan juga harus paham tentang bencana serta aktif menyosialisasikan teknik-teknik penanggulangan bencana.

Soedarmo juga meminta untuk terus meningkatkan kapasitas para personel badan penanggulangan bencana. Tim SAR dan tim-tim relawan lainnya juga perlu terus ditingkatkan. Karena Aceh berada di kawasan rawan bencana, baik gempa, banjir, longsor dan sejumlah bencana lainnya.

Baca Juga :  Begini Pengalaman Gadis Swedia Hidup Bersama ISIS di Irak!

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button