Home / News NTT / DPRD Kota Kupang konsultasikan PIP ke Kemendikbud

DPRD Kota Kupang konsultasikan PIP ke Kemendikbud

Foto: sman1sampit.sch.id.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Semangat membantu para siswa untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah menjadi polemik hangat di Kota Kupang, namun akhirnya menuai sikap pro-kontra, DPRD Kota Kupang terpanggil mengkonsultasikannya ke Kemendikbud RI.

Dari hasil Konsultasi antara Komisi IV DPRD Kota Kupang, Dinas Pendidikan Kota Kupang, dan perwakilan dari Rumah Aspirasi Jeriko, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendukung pihak Dinas Pendidikan, dan Sekolah yang tidak mengeluarkan Surat Keterangan (Rekomedasi) sekolah bagi penerima bantuan Pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP).

Pasalnya, proses pengusulan dan penyaluran dana bantuan PIP harus sesuai Juknis dan SK yang terlampir dari Kemendikbud RI, sedangkan yang terjadi di Kota Kupang berbeda dengan juknis.

“Pada prinsipnya harus sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan mekanismenya harus melalui sekolah,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Kupang Viktor Halengki Haning meniru ucapan Kepala Bagian Hukum Dirjen Dikdamen Kemendikbud RI, Hartono, yang menerima kunjungan Komisi IV DPRD Kota Kupang, Selasa (20/12) di Kemendikbud, Jakarta.

Dikatakan, sesuai pengakuan pihak kementerian, proses penyaluran PIP di 514 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia, hanya Kota Kupang saja yang bermasalah. Sedangkan di Kota lain tidak bermasalah sama sekali. Hal itu disebabkan penyaluran di Kabupaten Kota yang lain tidak di intervensi oleh pihak lain.

“Siapa pun menurut mereka, jangan sekali-kali mengintervensi Dinas Pendidikan Kota Kupang maupun para Kepala Sekolah di Kota Kupang. Kementerian sangat mendukung pihak Dinas Pendidikan dan sekolah Negeri di Kota Kupang yang tidak mau mengeluarkan surat keterangan sekolah,” katanya.

Baca Juga :  Akhirnya Sidang Pembahasan APBD 2016 Digelar

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button