Home / Populer / Gempa Aceh ‘Magnitudo 6,5’ telah menelan korban 52 orang

Gempa Aceh ‘Magnitudo 6,5’ telah menelan korban 52 orang

Fabian Januarius Kuwado -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Bagikan Halaman ini

Share Button

Bencana kapan saja bisa melanda umat manusia. Kali ini Provinsi Aceh. Besok bisa saja Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa, Sulawesi, Papua, dan lain-lain. Atas nama Dewan Redaksi, kami menyampaikan turut berduka cita yang mendalam disertai doa agar semuanya tabah menghadapi cobaan berat ini.

 

 

MORAL-POLITIK.COM : Berdasarkan informasi terkini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban meninggal dunia akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,5 di Aceh mencapai 52 orang.

“Sampai pukul 13.10 WIB, total korban meninggal dunia ada 52 orang,” ujar Kepala Humas BNPB Sutopo Purwonugroho dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Selain itu, korban luka berat mencapai 72 orang dan korban luka ringan mencapai 200 orang. Tercatat, 10.000-an santri di sejumlah pondok pesantren turut terkena dampak.

Adapun sejumlah bangunan juga rusak akibat gempa itu. Menurut catatan BNPB, sebanyak 105 rumah dan toko roboh, 123 rumah penduduk roboh, 14 masjid roboh, Rumah Sakit Pidie rusak berat, dan 1 bangunan sekolah di Pidie juga rusak berat.

Pusat gempa itu sendiri, lanjut Sutopo, berada di daerah bernama Sesar Sipopok dengan kedalaman 15 kilometer.

“Dampaknya memang sangat keras di darat. Maka dari itu, bangunan yang tidak didesain tahan gempa akan roboh,” ujar Sutopo.

Sebelumnya, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayor Jenderal Tatang Sulaeman menyebutkan, korban tewas 54 orang, masing-masing 52 orang di Pidie Jaya dan 2 orang di Bireuen.

Penulis  : Fabian Januarius Kuwado
Editor     : Tri Wahono, Athen
Sumber : Kompas.com
Baca Juga :  Yusril : Perlakukan Anas secara profesional dan adil

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button