Home / Populer / Jepang apresiasi BPJS Ketenagakerjaan terapkan Model Shauroshi

Jepang apresiasi BPJS Ketenagakerjaan terapkan Model Shauroshi

Foto : Istimewa/detik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) mendukung sepenuhnya upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam memperluas cakupan kepesertaan dengan mengadopsi model Shauroshi di Indonesia.

Dukungan tersebut disampaikan dalam pembicaraan bilateral yang dilakukan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dengan Pimpinan JICA diwakili oleh Suzuki Norito Senior Vice President JICA dan Kumagai Masato Deputy Director JICA.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sumarjono, Direktur Perencanaan Strategis dan IT BPJS Ketenagakerjaan, Kenzo Onisi, President Shauroshi Federation Japan serta beberapa pimpinan Ministry of Health Labor and Welfare (MHLW) Japan.

Dalam kunjungan tersebut, Agus Susanto juga memaparkan perkembangan implementasi piloting project Sharoushi di Indonesia.

Sharoushi, model keagenan untuk akuisisi peserta jaminan sosial Jepang, telah beroperasi sejak tahun 1968 dengan tingkat keberhasilan mencapai 98%.

Sharousi melakukan fungsi akuisisi, edukasi, sosialisasi dan konsultasi kepada masyarakat pekerja Jepang dalam organisasi masyarakat yang disebut Jimukumiai.

Shauroshi diadopsi di Indonesia dengan nama Agen PERISAI atau Penggerak Jaminan Sosial Indonesia. BPJS Ketenagakerjaan merekrut individu-individu yang dibekali dengan pelatihan dan sertifikasi yang mumpuni untuk menjalankan profesi Agen PERISAI, yaitu fungsi akuisisi, edukasi, sosialisasi dan konsultasi jaminan sosial khususnya ketenagakerjaan.

PERISAI sebagai salah satu bentuk pencapaian atas kerja sama antara MHLW, JICA, Federasi Sharoushi dan BPJS Ketenagakerjaan, telah diujicobakan di Yogyakarta dan Jember sejak Oktober 2016.

Baca Juga :  Inilah Ical di mata DPD Golkar Kota Yogya

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button