Home / News NTT / Kadis Jerhans Ledoh: “Awas Dana PIP Jeriko”

Kadis Jerhans Ledoh: “Awas Dana PIP Jeriko”

Ilustrasi. (foto: penanusantara.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Merebaknya isu bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar dari salah satu Calon Walikota Kupang menyulut reaksi tegas dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Jerhans Ledoh.

 

 

MORAL-POLITIK.COM : Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Jerhans Ledoh menyatakan, Dinas Pendidikan Kota Kupang telah meminta para Kepala Sekolah di Kota Kupang agar tidak mengeluarkan Surat Keterangan Bersekolah bagi para murid penerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP).

“Sebab akhir-akhir ini beredar ratusan formulir kosong beasiswa yang disalurkan oleh pihak relawan Jefritson Riwu Kore (Jeriko) sebagai salah satu pemangku kepentingan yang mendatangi para kepala sekolah, di sekolah-sekolah untuk mengurus pencairan dana PIP, dengan membawa nama-nama siswa penerima tanpa SK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang ditandatangani oleh Menteri ataupun Dirjen,” kata dia kepada wartawan di Balai Kota Kupang, Selasa (13/12/2016).

Dikatakan, selain formulir kosong dan SK yang dibawa, tetapi ada juga formulir yang telah dicantumkan nama anak dan nomor rekening (virtua account) yang dibagikan kepada orangtua/wali atau siapa saja secara bebas di semua tempat seperti sekolah-sekolah, pasar-pasar, kantor-kantor, di jalan dan bahkan di sekretariat Rumah Aspirasi Jeriko. Mekanisme pencairannya adalah orangtua/wali membawa formulir kesekolah dan meminta keterangan dari lurah setempat, kemudian orangtua/wali membawa perlengakapan tersebut ke Bank untuk proses pencairan.

Berkaitan dengan formulir ini, kata Ledoh, pihak dinas menyampaikan kepada para kepala sekolah agar berhati-hati dalam meberikan surat keterangan karena mekanisme pencairan yang dilakukan oleh relawan sesungguhnya bertentangan dengan Juknis dan tidak pernah dikomunikasikan dengan pihak Dinas Pendidikan Kota Kupang, maupun pihak sekolah mengalami kesulitan dalamm memperlancar, mengontrol dan mengawasi jalannya pencairan beasiswa PIP tahap ke-4 di Bank.

Baca Juga :  Menanti penetapan Perda, Jonas Salean pastikan 144 jabatan akan hilang

Oleh karena itu, dirinya meminita kepada para kepala sekolah agar pencairan tahap ke-4 harus berdasarkan Juknis dan data Dapodik Sekolah, apabila pencairan tahap ke-4 dilakukan di luar dari ketentuan yang ada, maka bukan menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan Kota Kupang, dan para kepala sekolah di masing-masing jenjang pendidikan yang ada.

 

Penulis : Nyongky

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button