Home / Populer / Kapolri : Jumlah WNA dari Tiongkok masih sedikit

Kapolri : Jumlah WNA dari Tiongkok masih sedikit

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto : VIVA.co.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Polemik perihal merebaknya tenaga kerja asing (TKA) dari sejumlah negara, terutama dari Tiongkok kian melebar.

Maraknya kabar mengenai semakin banyaknya Warga Negara Asing (WNA), maupun pekerja asing illegal dari Tiongkok, membuat Kapolri Jenderal Tito Karnavian angkat bicara. Menurutnya, jumlah WNA dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia masih sedikit.

“Sudah diklarifikasi datanya. Berdasarkan data dari Kemenaker WNA Tiongkok yg ada di Indonesia hanya 20 ribuan orang saja,” kata Tito usai memberikan kuliah umum di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Kamis 29 Desember 2016.

Tito melanjutkan, sedangkan berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hanya ada 34 ribu orang yang memiliki izin tinggal terbatas. Menurutnya, jumlah itu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah Tenaga Kerja Indonesia yang ada di luar negeri.

DPR Minta Imigrasi Perketat Pengawasan WNA

“Misalnya di Malaysia, jumlah TKI kita ada 2 juta orang. Padahal penduduk di sana ada 15 juta orang. Lalu di Tiongkok 50 ribu orang, dan Hongkong 200 ribu orang,” ujar Tito.

Tito menganggap banyaknya pekerja asing tidak akan mengubah struktur ekonomi, dan politik. Hal itu justru akan memperkuat struktur perekonomian bangsa.

“Cina (Tiongkok) itu sekarang lagi booming. Amerika saja pinjam uang ke Cina,” kata Tito.

 

Penulis  : Suryanta Bakti Susila
Editor     : Erny
Sumber : VIVA.co.id
Baca Juga :  Ketika KPK Geledah Rumah Megah Sekretaris MA, Nurhadi...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button