Home / Populer / Kepolisian ‘punya bukti cukup’ melakukan penangkapan terduga makar 212

Kepolisian ‘punya bukti cukup’ melakukan penangkapan terduga makar 212

GETTY/BAY ISMOYO -- Polisi, menurut jubir Mabes Polri Boy Rafli Amar, sudah membebaskan delapan dari 11 tersangka yang ditangkap.

Bagikan Halaman ini

Share Button

Pro-kontra penangkapan terhadap 11 orang terduga ‘permufakatan makar’ oleh kepolisian direspons Kadiv Humas Mabes Polri Boy Rafli Amar.

 

MORAL-POLITIK.COM : Kepolisian menegaskan bahwa penangkapan terhadap 11 orang, termasuk tujuh terduga ‘permufakatan makar’, “sudah mengacu pada standar hukum yang ada, dilandaskan pada bukti permulaan yang cukup untuk dilakukannya tindakan-tindakan hukum”.

“Insya Allah polisi akan mempertanggungjawabkan secara hukum terhadap proses penegakan hukum 11 warga negara kita,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Boy Rafli Amar.

Boy mengatakan bahwa langkah penangkapan yang dilakukan oleh polisi pada Jumat (2/12) pagi adalah “strategi Polri untuk menjaga kemurnian, niat kegiatan ibadah di Silang Monas dan mengeliminir adanya berbagai indikasi-indikasi kerawanan yang dapat dimungkinkan terjadinya semacam pemanfaatan terhadap massa yang sedemikian rupa” untuk menduduki gedung DPR/MPR.

Boy juga menyatakan bahwa pemanfaatan massa itu ditujukan “agar bisa dilakukan sidang istimewa yang menuntut untuk pergantian pemerintahan dan seterusnya”, dan “ke depan ini menjadi masuk dalam tataran inkonstitusional.”

“Kami tidak menginginkan adanya niat tulus alim ulama dan seluruh masyarakat yang datang untuk menggelar doa bersama disusupi terhadap adanya niat-niat lain daripada itu. Ini tentu sangat kita cegah,” tambahnya.

Polisi, atas pengamatan subjektif, sudah membebaskan delapan orang yang mereka tahan, yaitu Kivlan Zen, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Firza Husein, Eko, Alvin, Rachmawati Soekarnoputri, dan Ahmad Dhani, sedangkan Sri Bintang Pamungkas, serta Jamran dan Rizal masih dalam penahanan.

Baca Juga :  Keputusan Jokowi angkat Arcandra Tahar jadi Wamen ESDM cacat hukum

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button