Home / Sains / Kisah postingan meme di WA berbuntut hukum

Kisah postingan meme di WA berbuntut hukum

FOTO: Icank/Posmetro -- Logo WA Membangun Kepri.

Bagikan Halaman ini

Share Button

Berawal dari bercanda atau ingin menjadi bahan gurauan, akhirnya postingin meme di grup WA ini berbuntut proses hukum.

 

MORAL-POLITIK.COM : Kapolda Kepri Brigjen Sam Budigusdian tersinggung oleh meme ‘bom termos’ yang diposting Ketua Kadin Kepri Makruf Maulana di WhatsApp.

Dibuat sejak 18 Januari 2016, grup sosial media WhatsApp (WA) bernama Membangun Kepri (MK) ini sudah beranggotakan sekitar 200 orang. Pendiri grup berlogo Kepulauan Riau itu adalah Cipta Gemindo Saragih atau akrab disapa Koko Jimmy. Koko Jimmy juga seorang jurnalis disalah satu media online. Tentunya, di grup itu ada beberapa admin.

Anggotanya dari berbagai kalangan diantaranya pejabat tinggi Polri, TNI, KPK, pejabat di pemeritahan Batam/Kepri, mantan pejabat, pejabat di DPRD Batam/Kepri, pejabat Bea dan Cukai, aktifis buruh, mahasiswa, LSM, organisasi kepemudaan, pengusaha dan wartawan.

Diketahui tidak semua anggota yang aktif berdialog di MK. Bahkan ada yang hanya memonitor sekedar tahu informasi yang di share ke grup. Selain memberikan apresiasi, member juga mengkritisi kinerja pemerintahan, instansi lain hingga persoalan sosial yang menjadi bahan diskusi dalam grup tersebut.

Layaknya grup sebagai kontrol sosial. Sebulan lagi, MK genap satu tahun. Celakanya gurauan meme ‘bom termos’ yang diunggah Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepri, Makruf Maulana salah satu member di grup WhatsApp itu berbuntut panjang.

Kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) itu akhirnya diproses oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri. Beberapa pihak yang ada kaitannya dengan kasus itu sudah diperiksa penyidik. Salah satunya, Koko Jimmy diperiksa sebagai saksi.

“Baru selesai,” jawabnya saat dikonfirmasi POSMETRO, Kamis (15/12/2016) sore.

Baca Juga :  Ben Harris : Khatulistiwa diselimuti materi gelap

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button