Home / News NTT / Setiap Kecamatan di Kota Kupang akan dibangun Sistem Proteksi Kebakaran

Setiap Kecamatan di Kota Kupang akan dibangun Sistem Proteksi Kebakaran

Ilustrasi mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Kupang tabrak pohon di Jalan El Tari Kupang. (Foto: kupang.tribunnews.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Maraknya bencana kebakaran di Kota Kupang mendorong adanya perhatian lebih dari Pemerintah Kota Kupang untuk mengantisipasinya secara cepat, tepat, dan cermat.

 

 
MORAL-POLITIK.COM : Kantor Pemadam Kebakaran yang pada tahun 2017 nantinya sudah naik status menjadi Dinas Kebakaran, akan membangun sebanyak Tujuh Sistem Proteksi Kebakaran yang tersebar di Enam Kecamatan di Kota Kupang dan satu di lokasi kantor pusat Dinas Kebakaran yang baru.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Kebakaran Kota Kupang Halen Riwoe kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Selasa (612/2016).

Menurutnya, pembangunan Sistem Proteksi Kebakaran di Kota Kupang itu dilakukan sesuai usulan dari Pemerintah Kota Kupang di dalam sidang paripurna tentang Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Kupang Tahun Anggaran 2017 lalu, dan akan dibahas lebih lanjut pada Sidang Satu DPRD Kota Kupang pada tahun 2017 mendatang.

Sebenarnya, sebtunya, Rencana Induk dari Program Sistem Proteksi Kebakaran di Kota Kupang tersebut sudah diajukan dan disetujui oleh Walikota Kupang Jonas Salean pada tahun 2013 lalu. Namun untuk penetapan lokasi, pemerintah melalui Dinas Tata Kota masih harus melakukan kajian untuk menemukan lokasi yang strategis agar bisa mendukung program tersebut berjalan secara baik, dan lokasi tersebut sudah tentu harus merupakan lahan milik Pemerintah Kota Kupang.

Lokasi pos dari Sistem Proteksi Kebakaran yang akan dibangun, kata Halen, harus memiliki akses jalan yang baik, yakni masing-masing lokasi memiliki akses jalan paling lambat 15 Menit untuk sampai ke lokasi kebakaran di tiap-tiap Kecamatan.

Ia mengatakan, tujuan dari pembangunan Sistem Proteksi Kebakaran di Enam Kecamatan dan Kantor Induk Dinas Kebakaran adalah untuk mempermudah petugas kebakaran dalam menangani musibah kebakaran di Kota Kupang.

Baca Juga :  Sekda Polomaing: ASN terlibat politik praktis ditindak tegas !

“Saat ini Dinas Pekerjaan Umum Kota Kupang sudah menggambarkan Rencana Induk dari Sistem Proteksi Kebakaran yang akan dibangun. Tinggal selanjutnya dibahas bersama Tim Anggaran Eksekutif mengenai anggaran yang diperlukan dalam pembangunan sistem tersebut, untuk nantinya dibahas lebih lanjut dengan Tim Anggaran Legislatif untuk ditetapkan,” yakinnya.

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button