Home / News NTT / Ary Widjana: Warga Kota Kupang waspada DPD

Ary Widjana: Warga Kota Kupang waspada DPD

dr. Ary Widjana. (foto: expontt.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), akibat gigitan nyamuk Aedes Aegipty pada musim hujan sedang menyerang warga Kota Kupang.

Pasca meninggalnya seorang korban pada awal Januari tahun 2017 ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ary Widjana menghimbau kepada seluruh warga agar waspada terhadap penyakit DBD.

“Musim hujan ini banyak jentik nyamuk yang menyebabkan DBD. Jadi warga harus waspada. Sejak awal Januari sudah terdapat belasan penderita DBD, dan salah satu penderita telah meninggal dunia pada 2 januari 2017. Pasien meninggal di rumah sakit umum (RSU) Prof.DR.WZ. Johannes Kupang. Korban sebelumnya merupakan pasien rujukan, dari RSUD S.K.Lerik,” kata dr. Ary Widjana kepada moral-politik.com, di Kota Kupang, Senin (30/1/2017) siang.

DBD adalah, katanya, penyakit yang dapat mengakibatkan korban meninggal dunia, jika tidak ditangani dengan baik, sehingga perlu bersama-sama menanggulangi berkmbangbiak nyamuk yang terus meningkat, khusunya di tempat sampah yang basah dan selokan.

“Kami harap warga juga ikut mengantisipasi penyebaran penyakit DBD, dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya,” tambahnya.

Ia minta kepada warga untuk perbiasakan pola hidup sehat dengan memperhatikan lingkugan seperti membersihkan selokan, wadah penampung air guna mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk di lingkungan rumah.

“Selain mencegah penyebaran penyakit DBD, sejumlah penyakit lain yang perlu diantisipasi juga diantaranya Diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA),” katanya lagi.

Berdasarkan data jumlah kasus pada 2012 terjadi Kasus Luar Biasa (KLB) DBD sebanyak 1170 kasus dengan jumlah korban meninggal 11 orang, pungkas dia, 2013 meninggal 2 orang, sedangkan tiga tahun terakhir sejak 2014, 2015 dan 2016 tidak ada korban meninggal.

 

Penulis : Nyongki
Baca Juga :  Diisukan Mundur dari Balon Wakil Wali Kota Kupang, Ini Jujur Selly Tokan...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button