MORAL-POLITIK.COM : Pungutan liar (Pungli) adalah momok cukup menakutkan di kalangan warga masyarakat.

Bupati Sikka Yosep Ansar Rera (Yos) menuturkan, Pungli sudah menjadi musuh kita bersama. Kalau kita lihat dari sisi keterlibatan Satuan Kerja Tingkat Nasional (SKTN), sehingga kita di daerah sangat perlu meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang intensif, baik antara anggota pelaksana UPP maupun antara para pengendali/penanggungjawab dengan para wakil pengendali/penanggung jawab.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Yos kala melantik Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Aula Kantor Bupati Sikka, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Rabu (25/1/2017) yang lalu.

Ia mengatakan, berdasarkan peraturan Presiden RI Nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih (Satgas Saber Pungli) merupakan bagian dari paket kebijakan hukum pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Penanganan pungli merupakan salah satu priortitas Presiden karena banyaknya keluhan masyarakat yang diterima Presiden,” tegasnya.

Kebijakan Presiden ini, tambahnya, menunjukan bahwa pungli yang terjadi di negara kita sudah merupakan penyakit kronis yang perlu disembuhkan melalui satu gerakan mulai dari tingkat pusat sampai daerah-daerah, sehingga diperlukan upaya memberantas pungli secara efektif dan efisen.

“Pungli ini, tidak hanya dilakukan sesuai tugas dan fungsi masing-masing satuan kerja melainkan harus dilakukan secara terpadu sesuai funfsinya baik fungsi intelijen,pencegahan dan penindakan maupun fungsi yustisi,” katanya lenih lanjut.

Baca Juga :  Tim Relawan laporkan Kepsek ke Polda NTT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here