Home / News NTT / DPRD bersikukuh suling air laut jadi air tawar…

DPRD bersikukuh suling air laut jadi air tawar…

Ketua Komisi II DPRD Kota Kupang Melkianus Balle

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Terus menerusnya krisis air di Kota Kupang, ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), DPRD Kota Kupang memikirkan solusi alternatif pemecahannya.

“DPRD Kupang tengah mengkaji sistem baru untuk penyediaan air dengan menggunakan metode penyulingan air laut menjadi air tawar,” kata Ketua Komisi II DPRD Kota Kupang Melkianus Balle kepada moral-politik.com, di Gedung DPRD Kota Kupang, Jumat (20/1/2017) siang.

Balle mengatakan, dengan minimnya persediaan air tanah, perlu ada cara lain untuk mengatasi krisis air di Kota Kupang, dan salah satu cara alternatif yang cukup efisien adalah mengolah air laut untuk bisa di konsumsi masyarakat.

Menurutnya, rencana ini awalnya digagas oleh salah satu Anggota DPRD Kota Kupang Daniel Hurek, kemudian dibahas bersama beberapa anggota Komisi II, dan disepakati bahwa teknologi penyulingan air laut menjadi air tawar bisa menjadi solusi.

“Dari hasil diskusi kami, teknologi ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis air di Kota Kupang, namun ada sedikit kendala soal rencana ini, karena cosh (biaya)-nya sangat besar, tetapi kalau pemerintah dan DPRD sepakat, maka rencana ini bisa dijalankan,” katanya.

Balle mengatakan, untuk mewujudkan niat ini, pihak Komisi II akan mengusulkan untuk dilakukan study banding ke daerah yang sudah menerapkan pola penyulingan air laut menjadi air tawar, dan jikalau disetujui maka komisi juga akan mengajak pihak PDAM Kota Kupang bersama pemerintah untuk sama-sama melihat teknologi ini.

 

Penulis : Nyongki

 

 

 

Baca Juga :  Dana PEM Telah Berkembang Menjadi Rp. 48 Miliar, Ini Cerita Jonas Salean

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button