MORAL-POLITIK.COM: Sudah jadi cerita lama di Kota Kupang, ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), jelang Hari Raya Imlek, turun hujan lebat di sertai badai.

Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, yang dikoordinasi Anggota DPRD dari Partai Kebangkita Bangsa (PKB) Theodora Ewalda Taek, memberikan bantuan kepada korban longsor di bantaran kali Liliba tepatnya di RT 16, Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), Kecamatan Oebobo.

Bantuan yang diberikan hanya berupa semen dan pasir guna digunakan korban longsor membuat tembok penahan sementara.

“Kemarin kami menyambangi para korban, dan mereka mengeluhkan soal bangunan rumah mereka yang rusak akibat longsor, dan saya kemudian berinisiatif mengajak beberapa Anggota DPRD untuk mengumpulkan uang untuk membeli semen dan pasir guna membantu mereka,” kata anggota DPRD Theodora Ewalda Taek kepada moral-politik.com di kantor DPRD, Kamis (26/1/2017) siang.

Menurutnya, bantuan yang diberikan sebagai bentuk kemanusian, karena dari sisi regulasi warga dilarang membuat rumah pada areal yang masuk daerah aliran sungai (DAS), namun dari perspektif kemanusiaan kami merasa perlu membantu mereka, tapi kami bukan melegitimasi agar mereka boleh tinggal pada DAS.

“Intinya langkah yang dilakukan oleh kami DPRD Kota Kupang ini  adalah bantuan kemanusian, karena tidak mungkin orang lapar kami membiarkan mereka kelaparan. Mereka yang tinggal di kawasan DAS, merupakan masyarakat kecil. Lagi pula lahan mereka tempati merupakan lahan milik nereka sendiri yang dibeli dari pemilik tanah. Sebenarnya kami berada dalam posisi dilematis, tetapi kami merasa perlu memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan,” katanya.

Menurutnya, bantuan yang diberikan juga tidak seberapa, hanya dua rit pasir dan puluhan sak semen kepada tiga kepala keluarga yang tinggal di tenpat itu. Sedangkan untuk bantuan tanggap darurat berupa makanan, pakaian terpal, dan obat-obatan sudah disalur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang.

Baca Juga :  Fakta Baru, Jefri Riwu Kore Pimpin Partai Demokrat NTT

 

Penulis : Nyongki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here