MORAL-POLITIK.COM : Politik adalah perjuangan untuk meraup kepentingan tertentu. Perdebatan panjang lebar soal keabsahan Dana PIP semakin meruncing di arena Debat Kandidat Walikota dan Wakil Walikota Kupang, Senin (16/1/2017) lalu.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, tetap pada komitmen meminta SK asli dan lampiran, karena setelah Rumah Aspirasi telah menyerahkan SK ke Komisi IV, tidak disertai lampirannya.

Demikian dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Zeyto Ratuarat kepada wartawan saat berada di ruangan Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, Kamis (19/1/2017) siang.

Tujuan dari permintaannya tersebut, katanya, agar DPRD bisa secara baik menjelaskan kepada masyarakat tentang kebenaran dan keabsahan dari SK tersebut. Menurutnya, sesuai hasil konsultasi ke Kemendikbud, pihak Kemendikbud melalui Kepala Bagian Hukum Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah telah menjelaskan bahwa SK PIP yang dikeluarkan oleh Kemendikbud hanyalah Satu SK, yakni yang dipegang kini oleh Dinas Pendidikan Kota Kupang, dan tidak ada yang diperuntukkan bagi Rumah Aspirasi Jeriko.

“Rumah Aspirasi Jeriko sebaiknya segera menyerahkan SK asli yang mereka miliki agar DPRD bisa menindaklanjuti dengan melakukan konsultasi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mencari kebenaran dari SK itu sehingga polemik terkait PIP bisa segera diselesaikan,” katanya.

Dia mengaku, saat ini telah terbit surat pemberitahuan dari Kemndikbud RI Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah per tanggal 18 Januari 2017, kemarin, yang menyatakan bahwa penyaluran PIP harus sesuai dengan kriteria yang tertera pada Juknis PIP yang berlaku. Sehingga, jika ada orang tua yang diarahkan oleh Rumah Aspirasi Jeriko atau Relawan Jeriko untuk mengusulkan nama agar diakomodir sebagai penerima bantuan sedangkan anak mereka tidak memenuhi salah satu kriteria dari tujuh kriteria yang ditetapkan Juknis, maka jika dilakukan akan menjadi tindakan yang salah karena menyalahi aturan.

Baca Juga :  Andre Koreh Ungkap Pembangunan Infrastruktur di Kota Kupang

“Oleh karena itu, DPRD bisa segera menerima SK beserta lampiran asli nama calon penerima yang dimiliki oleh Rumah Aspirasi Jeriko, sehingga DPRD bisa mengetahui secara pasti apakah nama-nama yang terlampir sebagai calon penerima tersebut telah memenuhi syarat atau tidak,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here