MORAL-POLITIK.COM : Donald Trump akan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dengan dibimbing Ketua Mahkamah Agung AS, John Roberts.

Trump juga akan menyampaikan pidato pelantikan di hadapan ratusan ribu warga AS yang menyaksikan langsung pelantikannya.

Dituturkan dua pejabat senior pada tim transisi Trump kepada CNN, seperti dikutip pada Jumat (20/1/2017), bahwa Trump yang menulis dan menyusun sendiri pidato pelantikannya.

Keputusan ini sedikit berbeda semasa kampanye pilpres ketika Trump lebih banyak bergantung pada teks pidato yang disiapkan penasihat seniornya Stephen Miller. Tidak diketahui pasti sejauh apa keterlibatan Miller dalam penyusunan pidato pelantikan Trump ini.

Pekan ini, Trump memposting foto dirinya sedang menulis via Twitter. Trump menyebut foto itu ada foto dirinya saat sedang menulis pidato pelantikan di Mar-a-Lago, Florida, bulan lalu.

Sementara itu, disampaikan Sekretaris Pers Trump, Sean Spicer, seperti dilansir AFP, bahwa pidato pelantikan Trump tidak akan panjang dan akan memakan waktu sekitar 20 menit. Spicer juga menyebut isi pidato pelantikan Trump akan lebih bersifat filosofis.

“Pidatonya akan berisi pernyataan yang sangat personal dan tulus soal visinya bagi negara ini. Dia akan membahas makna sesungguhnya menjadi warga Amerika, tantangan yang kita hadapi, sebagai warga kelas menengah, yang mereka hadapi,” terang Spicer.

“Saya pikir pidatonya tidak akan banyak berisi agenda dan lebih filosofis, sebuah visi soal ke mana dia melihat negara ini, peran pemerintah yang tepat, peran warga negara yang benar,” jelas Spicer.

Usai berpidato, Trump akan menghadiri makan siang bersama Kongres AS di Gedung Capitol, sebelum bergerak ke Gedung Putih dalam parade besar-besaran.

 

Penulis  : Novi Christiastuti
Editor     : Athen
Sumber : Detik.com
Baca Juga :  Dan Ketua DPRD TTU pun tinggal gratis di LP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here