Home / News NTT / JPU tuntut 2 terdakwa kasus Alkes SBD 4,6 tahun

JPU tuntut 2 terdakwa kasus Alkes SBD 4,6 tahun

foto: semar dju/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Dua terdakwa kasus korupsi dana Alat Kesehatan (Alkes) di Dinas Kesehatan Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur (NTT) dituntut 4,6 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) SBD di pengadilan Tipikor Kupang, Jl. Kartini Gang V, Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang, Senin (30/1/2017).

Selain dituntut, kedua terdakwa yakni Elisabeth Kaka sebagai Kepala Dinas Kesehatan SBD, dan Obed Kondo Mete sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) pada tahun anggaran 2014 di Dinkes SBD di denda Rp. 50 juta dan subsider tiga bulan penjara.

Menurut JPU kedua terdakwa telah terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi untuk memperkaya diri sendiri dan telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan kerugian negara sebesar Rp. 802.491.274.

JPU menilai kedua terdakwa itu melanggar pasal 1 dan 2 ayat (1) huruf a Undang-undang No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan terhadap Undang undang nomor 31 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 1 ayat(1) jo Pasal 2 ayat (1) dan 2 dan pasal 5 ke-1 KUHPidana sebagai dakwaan.

Selain itu, JPU juga menilai kedua terdakwa melanggar pasal 3 ayat (2) huruf a Undang-undang RI nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang perubahan terhadap Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsim.

Sebelum menuntut terdakwa, JPU mempertimbangkan beberapa hal yang memberatkan dan meringankan. Untuk yang memberatkan, perbuatan terdakwa sebagai kepala dinas dan PPK tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Baca Juga :  Ada Mayat Tak Beridentitas di Kali Liliba Kota Kupang

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button