MORAL-POLITIK.COM : Pemerintah Desa (Pemdes) juga di tuntut untuk memikirkan aktivitas pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan pendapatan asli desa (PADes).

Dalam era otonomi daerah (Otda) ini—desa bahkan di berikan otonomi, dimana tugas dan fungsi perangkat desa di bebebani dengan kewenangan lebih untuk menangani berbagai urusan sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Mengamati secara mendalam kiprah Kepala Desa (Kades) Reroroja, Kabupaten Sikka, Bernadus Benhar Kelan, tampak transparan, sebab sosok yang satu ini dengan suka citanya memotivasi petani untuk terus menggunakan pupuk pestisida organik.

Pasalnya pupuk pestisida organik mudah diperoleh dari alam sekitar masyarakat, sekaligus meningkatkan kesuburan tanah.

Demikian disampikan Kades Reroroja ketika membuka kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk dan Pestisida Organik yang di ikuti lima kelompok petani, Senin (9/1/2017) lalu di Aula Kantor Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lanjut Kepala Desa ini, pihak desa sangat antusias terhadap kegiatan pelatihan pembuatan pupuk pestisida organik, karena bukan hanya praktik sesaat, tetapi harus ada implementasi serta bukti keseriusan dari setiap peserta/kelompok untuk tetap secara rutin membuat pupuk dan pestisida organik.

Ia juga berterima kasih kepada Wahana Tani Mandiri (WTM) yang selalu mendampingi kelompok dalam hal usaha taninya.

Kades Reroroja ini juga meminta kepada pihak WTM untuk tetap mendampingi kelompok tani, serta tetap menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Reroja sehingga program pemberdayaan terhadap petani dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, harapan dari desa WTM harus secara rutin dan berkelanjutan dalam mendampingi kelompok tani, sehingga ada dampak perubahan yang nyata di tingkat petani dari segi pengelolaan usaha tani sampai pada peningkatan pendapatan petani.

Baca Juga :  Terkuak, Karaoke Happy Puppy Belum Penuhi Izin AMDAL!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here