Home / Sejarah / Kisah sedih tenggelamnya Kapal Motor Shin Maumere

Kisah sedih tenggelamnya Kapal Motor Shin Maumere

Foto: Angga Lispro/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Musibah itu bisa datang di mana saja dan tak mengenal waktunya. Sama halnya dengan Kapal Motor (KM) Shin 03 Maumere yang mengangkut es batu.

KM ini tenggelam di perairan laut sebelah utara Pulau Babi. Untung tenggelamnya kapal tersebut tak merenggut nyawa anak buah kapal (ABK), dan Nahkoda. Mereka selamat dari musibah itu.

Yohanes Lake Watun, Koordinator SAR Maumere mengutarakan, KM Shin 03 Maumere berangkat dari Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2 Januari 2017 menuju Kabupaten Flores Timur dengan mengangkut es batu. Dalam perjalanan, kapal tersebut mengalami patah kemudi di perairan utara Pulau Babi karena gelombang laut begitu besar. Akibatnya kapal terapung-apung, sambil ABK dan nahkodanya perbaiki, tetapi air laut terus masuk ke dalam kapal mengakibatkan kapalnya tenggelam.

Lanjutnya, pada 3 Januari 2017, keluarga korban datang melaporkan pada BASARNAS Maumere, sehingga kejadian kapal tenggelam tersebut, dilaporkan kepada Kepala Kantor SAR Kupang. Ketika mendengarkan laporan dari kami, Kepala Kantor SAR Kupang Ketut Gede Ardana langsung memerintahkan anggota BASARNAS Maumere untuk segera berangkat mencari kapal dan korban.

“Pada pukul 03.25 WITA, Team SAR yang terdiri dari BASARNAS Maumere sejumlah enam orang dan Angkatan Laut Maumere sebanyak empat orang, berangkat mencari korban,” tandas Yohanes kepada moral-politik.com, di Maumere, Kabupaten Sikka, Selasa (3/1/2017) siang.

Koordinator SAR Maumere ini mengatakan bahwa pada Pukul 05.40 WITA, kita menemukan KM Shin 03 Maumere pada  koordinat 08°18’49,99″ S & 122°33’40,12″E, sehingga proses evakuasi pun dilaksanakan. Beruntung sekali ABK dan nahkoda kapal selamat. Selanjutnya korban kita bawa ke Pelabuhan Wuring dengan selamat.

“Kepala Kantor SAR Kupang Ketut Gede Ardana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pencarian hingga evakuasi korban KM Shin 03 Maumere dengan selamat, dan bisa kembali berkumpul dengan keluarga mereka,” ujar Yohanes Lake.

Baca Juga :  Catatan pertemuan 28 Tokoh Lintas Agama dengan Raja Salman

Berikut adalah identitas KM Shin 03 Maumere. Warna Biru Putih dengan bobot 26 GT. Sedangkan ama-nama korban yang selamat adalah Nahkoda Kapal Rahim (32), ldin (22), Naco (26), Rahman (23), Andi (26), Herman (31), Yuda (19), dan Armin (26).

 

Penulis  : Angga Lispro
Editor     : Vincent

 

 

 

 

Pencarian Terkait:

  • km motor tengelam disaduwatumanuk maumere

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button