Home / Populer / Malaysia diterpa banjir mengerikan, 23.000 orang mengungsi

Malaysia diterpa banjir mengerikan, 23.000 orang mengungsi

Ilustrasi banjir (Istimewa)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Banjir di dua negara bagian Malaysia, Kelantan timur dan Terengganu, telah memaksa hampir 23.000 orang mengungsi dari rumah mereka. Pada Rabu (4/1/2017), pejabat penyelamatan mengatakan pusat-pusat bantuan tambahan telah dibuka.

Banjir musiman di negara bagian pantai timur Malaysia memang kerap terjadi setiap tahun. Seringkali banjir ini juga memicu evakuasi massal. Banjir kali ini telah memaksa pihak berwenang untuk mengevakuasi 10.038 penduduk dari Kelantan dan 12.910 orang dari negara bagian Terengganu.

Sementara itu, pada Rabu (4/1), Menteri Besar Ahmad Razif Abd Rahman menyakini tidak perlu mengumumkan status negara darurat bencana di Terengganu meskipun jumlah warga yang dievakuasi mencapai puluhan ribu.

Berdasarkan pantauan terakhir, situasi sudah membaik. Di sisi lain, banjir kali ini berbeda dengan situasi banjir tahun 2014. Para petugas juga sudah mengevakuasi korban banjir dan mengirim pasokan makanan ke pusat penampungan.

Hujan lebat dalam lima hari juga telah menyebabkan 101 sekolah ditutup. Banyak jalan yang tidak dapat dilalui dan layanan kereta api untuk beberapa tujuan di Kelantan telah ditangguhkan. Tetapi, sejauh ini tidak ada korban jiwa dilaporkan di kedua negara.

Kepala Departemen Sipil di Terengganu, Adam Abdul Rahman mengatakan kepada AFP bahwa jumlah para pengungsi meningkat tajam dari 4.352 jiwa, menjadi 12.910 jiwa dibanding hari sebelumnya. Mereka ditampung dalam 139 pusat bantuan yang menyediakan makanan, minuman dan bantuan medis.

“Di sini masih hujan deras. Sekitar 30 jalan desa tertutup dan kedalaman air di beberapa tempat mencapai satu meter dan kami menggunakan perahu untuk mengosongkan desa,” katanya.

Di Kelantan, yang mengalami banjir besar-besaran dan kehancuran besar rumah dan infrastruktur pada Desember 2014, sebanyak 10.038 orang harus mengungsi akibat banjir.

Baca Juga :  Sekelompok pemuda tak dikenal serang Siswa SMAN 1 Ndoso

 

 

Penulis  : Unggul Wirawan/WIR
Editor     : Erny
Sumber : Suara Pembaruan, BeritaSatu.com

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button