MORAL-POLITIK.COM : Mengagetkan. Tiba-tiba saja Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengeluarkan keputusan terkait dengan pelaksanaan Pilkada Kota Kupang pada 15/2/2017 mendatang.

Kendati demikian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang Marianus Minggo mengatakan, putusan DKPP dalam sidang pembacaan putusan terhadap empat berkas gugatan terkait Pilkada Kupang, Rabu (25/1/2017), tidak mengganggu pencalonan Paket Sahabat dalam Pilkada Kota Kupang.

Karena, katanya putusan itu hanya menyangkut dengan kode etik penyelanggara pemilu dan tidak akan mengganggu pencalonan salah satu paket peserta Pilkada di Kota Kupang.

“Putusan DKPP hanya menyangkut kode etik, dan tidak pembatalan pencalonan, serta merehabilitasi nama baik kelima komisioner KPU Kota Kupang dan ketiga komisioner Panwaslu Kota Kupang yang diadukan Jefri Riwu Kore dan Jonas Salean kepada DKPP,” kata Minggo kepada moral-politik.com di Kantor KPU Kota Kupang, Jumat (27/1/2017).

Minggo mengatakan, sidang kode etik hanya mengikat kepada personal atau penyelenggara, namun bukan mengikat kepada keputusan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara. Pasalnya, keputusan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara telah final dan mengikat secara hukum.

“Keputusan ini hanya untuk kepada personal penyelenggara bukan untuk menggugurkan keputusan,” pungkas dia.

 

Penulis : Nyongki

 

 

Baca Juga :  Warga Kelurahan Naimata dilayani angkutan umum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here