MORAL-POLITIK.COM : Realisasi Pendapatan Asli Daerah hingga Triwulan IV tahun 2016 telah melampaui target yang ditetapkan, atau perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sudah mencapai Rp. 155 Miliar lebih dari target sebesar Rp. 145 Miliar.

“Perolehan PAD untuk tahun 2016 belum final, karena pajak khusus bulan Desember baru bisa disetor oleh wajib pajak pada bulan Januari ini, dan paling lambat tanggal 20 Januari, semua PAD selesai dihimpun,” kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kupang Jefri Pelt kepada wartawan di ruang kerjanya, Kota Kupang, Kamis (5/1/2017).

Jefri menuturkan, melonjaknya penerimaan PAD disebabkan meningkatnya perolehan pajak yang ditangani langsung oleh Dispenda seperti Pajak Hotel sebesar Rp. 10, 5 Miliar atau sudah mencapai 163 persen. Pajak restoran Rp.13, 2 Miliar atau 149 persen. Pajak hiburan Rp 5,1 Miliar atau 222 persen. Pajak Penerangan Jalan (PPJ) Rp. 25, 7 Miliar atau 103 persen. PBB Rp. 15,6 Miliar atau 138 persen. Parkir Rp. 105 Juta atau 181 persen, serta beberapa item yang dikelola oleh dinas yang semuanya melampaui target.

“PAD Yang dikelola Dispenda rata-rata capaiannya di atas 100 persen. Khusus untuk pajak restoran dan hotel, target telah terlampaui sejak bulan Oktober 2016,” kata dia.

Posisi masih bisa berubah, tambahnya, karena perolehan PAD dari PPJ, hotel, hiburan dan parkir untuk Desember baru dibayar Januari.

“Posisi masih bisa berubah karena PPJ hotel dan hiburan dan parkir untuk Desember dibayar Januari. Closing tutup 20 Januari. Perhitungannya perolehan PAD bisa sampai Rp.158 miliar,” pungkas dia.

 

Penulis : Nyongki

 

Baca Juga :  Veki Lerik Daftar di Partai NasDem, Ini Tawaran Programnya !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here