MORAL-POLITIK.COM : Banyak alkisah pernah terurai di Pos Lintas Batas (PLBN), terutama di PLBN Motaaian di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Saat menyampaikan sambutan pada peringatan HUT PDI-Perjuangan ke-44 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Presiden Joko Widodo mengungkapkan betapa megahnya PLBN Motaain yang menjadi gerbang perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

Jokowi mengenang kejadian dua tahun lalu saat dirinya pertama kali datang ke lokasi tersebut. Saking jeleknya PLBN yang dimiliki Indonesia, dahulu masyarakat Indonesia lebih bangga berfoto di PLBN milik negara tetangga.

“PLBN Motaain. (Dibandingkan) dengan kantor kelurahan saja lebih baik kantor kelurahan. Sekarang lihat. Dibandingkan dengan negara sebelah, minimal tiga kali lebih baik,” kata Jokowi dalam kesempatan tersebut, Selasa (10/1/2016).

motaain1Foto: Maikel Jefriando-detikFinance –Kantor Imigrasi PLBN Motaain 2 Tahun Lalu

 

Namun sekarang kondisinya sudah jauh berbeda. PLBN Motaain kondisinya sangat megah. Warna putih yang menghiasi hampir seluruh bangunan membuatnya tampak modern.

Ruang pemeriksaan imigrasi yang semula hanya seperti kandang, saat ini sudah lebih modern dilengkapi dengan alat pendeteksi logam dan mesin x-ray.

motaain2Foto: Maikel Jefriando — PLBN Motaain 2 Tahun Lalu

 

Saking megahnya, saat ini justru berbalik warga Timor Leste yang bangga berfoto di depan PLBN Motaain milik Indonesia.

Baca Juga :  Semaraknya Area "Car Free Day" Kota Kupang (2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here