MORAL-POLITIK.COM : Gereja tak sekedar berkhotbah di altar atau mimbar, gereja diharapkan juga perduli terhadap masalah sosial kemasyarakatan yang terjadi.

Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng didampingi Vikep Ruteng Romo Gradus Janur, Ketua PSE Romo Beni Jaya, dan Pater Eras, OFM merayakan Misa Ekologi penanaman rumput Vetiver, Konvergensi aksi Adaptasi Perubahan Iklim (API) dengan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Gapong Desa Gapong Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/1/2017).

Dalam khotbahnya Uskup Hubertus menegaskan tentang pentingnya menanam pohon, menjaga dan melestarikan lingkungan yang sudah diciptakan Sang Pencipta.

“Melalui aksi ini, kita semua diajak untuk turut terlibat aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup kita lewat aksi nyata. Hari ini kita menanam rumput, esok kita menanam pohon. Dengan cara itu, kita telah turut menjaga dan melestarikan lingkungan,” katanya.

Usai perayaan ekaristi ditengah rinai hujan yang mengguyur Mgr. Hubertus dan rombongan, PMI Manggarai, WVI, SPARC, Mahasiswa STKIP dan umat Stasi Gapong melakukan penanaman rumput Vetiver di tiga lokasi, yaitu di Kompleks Sekolah SDK Gapong, Desa Gapong dan Kampung Wela dengan penuh semangat dan keakraban.

“Semoga semangat menanam dan niat yang tulus merawat dan menjaga alam semesta terus dipupuk dan diturunkan kepada generasi-generasi penerus. Mari merawat Ibu Bumi,” ujar Uskup Hubertus.

Vetiver Cegah Erosi dengan Bioengineering

Pada tanah-tanah berlereng, erosi menjadi persoalan serius, dimana kemiringan dan panjang lereng merupakan dua unsur yang berpengaruh terhadap aliran permukaan dan erosi. Kemiringan lereng berpengaruh terhadap kecepatan aliran permukaan, sehingga memperbesar daya rusak oleh air.

Baca Juga :  Saat Walikota Jefri blusukan ke RSUD SK. Lerik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here