MORAL-POLITIK.COM : Koordinator Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Robert Endi Jaweng mengakui bahwa dinasti politik telah marak terjadi di Indonesia.

Bahkan, Endi menyebutkan ada 58 dinasti politik yang tersebar di daerah-daerah di Indonesia.

“Dinasti politik tersebut ada berbagai model. Regenerasi dinasti berlangsung secara bergilir dan tanpa jeda di suatu daerah,” ujar Endi dalam diskusi bertajuk “Korupsi dan Politik Dinasti” di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1).

Selain Endi, hadir juga sebagai pembicara Ketua Institut Harkat Negeri Sudirman Said dan Koordinator ICW Adnan Pandu Husodo.

Endi mengatakan, dinasti regenerasi ini terjadi di beberapa daerah dan yang paling lama terjadi di Kediri yang dipimpin oleh bupati yang punya dua istri selama 20 tahun. Dinasti di Kediri, kata dia, lebih lama dibanding Banten yang terkenal dengan keluarga Ratu Atut Chosiyah-nya.

“Setelah Kediri dan Banten, kemudian dinasti di Cimahi,” beber dia.

Model dinasti kedua, kata dia adalah dinasti lintas kamar atau lintas cabang kekuasaan. Model dinasti ini terjadi di mana keluarga menguasai eksekutif dan legislatif bahkan yudikatif sehingga kontrol terhadap kekuasaan sangat minim.

“Model dinasti ketiga, berupa dinasti lintas daerah di mana kakaknya jadi bupati di satu daerah sedangkan adiknya jadi bupati daerah lain,” ungkapnya.

Endi berharap, dinasti politik termasuk korupsi harus segera ditindak dan dicegah. Sebelumnya, kata dia, sudah bagus karena dibendung melalui pasal larangan dinasti politik dalam Undang-undang (UU) Pilkada. Namun, sayangnya pasal tersebut dianulir oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dengan alasan setiap orang punya hak politik untuk dipilih dan memilih.

“Setelah itu, kita berpikir masih ada parpol. Namun, kita juga ragu dengan kondisi parpol saat ini. Harapan terakhirnya, pada masyarakat, bagaimana melokalisir dinasti dalam partai atau oligarki di partai masuk dalam pilkada. Ini perlu peran masyarakat yang tidak tergoda pada pragmatisme,” imbuh dia.

Baca Juga :  Mungkinkah Prabowo Cawapresnya Jokowi? Ini Kata Gerindra!

 

Penulis  : Yustinus Paat/FER
Editor     : Erny
Sumber : BeritaSatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

79 − 76 =