MORAL-POLITIK.COM : Real Madrid dan Cristiano Ronaldo laksana kuku dan daging. Keduanya telah menjadi satu dan tak bisa dipisahkan.

Kendati begitu, Ronaldo tak dipasang pada laga terakhir Real Madrid meski kondisinya fit. Pelatih Zinedine Zidane menyatakan bahwa Ronaldo tak mempermasalahkan kebijakan rotasi yang dia terapkan.

Ronaldo menjadi salah satu pemain Madrid yang diistirahatkan pada pertandingan Copa del Rey melawan Sevilla di Santiago Bernabeu, Kamis (5/1/2017) dinihari WIB. Tanpa Ronaldo, Madrid tetap perkasa dan melibas Sevilla dengan skor meyakinkan 3-0.

Madrid selanjutnya akan menjamu tim papan bawah Granada dalam lanjutan La Liga di Bernabeu, Sabtu (7/1). Zidane telah memastikan Ronaldo akan ambil bagian pada laga tersebut.

Zidane mengatakan, dirinya harus berhati-hati dalam mengatur waktu bermain Ronaldo. Dia ingin memastikan pemain andalannya itu berada pada kondisi puncak dalam laga-laga kunci.

“Kami sudah bicara, Ronaldo dan saya, soal rotasi,” ujar Zidane seperti dikutip Soccerway.

“Saya pikir pers harus menyadari bahwa ini adalah seorang pemain yang sangat cerdas. Yang saya inginkan adalah dia dalam kondisi baik di sepanjang musim,” imbuhnya.

“Bermain pada 20 pertandingan mungkin dalam 70 hari adalah jumlah yang banyak. Sesekali dia perlu beristirahat dan dia sepakat dengan saya. Jadi, tak ada masalah,” ujar Zidane.

“Tentu saja dia adalah seorang pesepakbola dan dia ingin main setiap pekan, setiap laga. Tapi, kami sudah membahasnya,” katanya.

Meski tak bermain pada laga melawan Sevilla, Ronaldo tetap hadir di Bernabeu. Bintang asal Portugal itu memberi ucapan selamat kepada rekan-rekan setimnya seusai laga.

“Ronaldo adalah seorang pemimpin, baik di dalam maupun luar lapangan. Dia selalu menyapa rekan-rekannya sebelum pertandingan, menyelamati setelah pertandingan,” tutur Zidane.

Baca Juga :  Messi sukses tumbangkan Uruguay di kualifikasi Piala Dunia 2018

“Dia adalah bagian penting dari tim, bahkan meskipun dia tak main. Cristiano Ronaldo tahu dia punya peran yang sangat penting. Dia punya banyak energi positif, yang dia tularkan kepada rekan-rekannya dan itu penting. Dia adalah seorang pemimpin, pemimpin sejati,” katanya.

 

Penulis  : Meylan Fredy Ismawan
Editor     : Erny
Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here