Home / News NTT / Atasi masalah air, Beni Salmun: Manfaatkan sumur bor

Atasi masalah air, Beni Salmun: Manfaatkan sumur bor

foto ilustrasi. (jasasumurborkupang.blogspot.co.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Krisis air yang terus melanda Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ketika musim kemarau, menggoda Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Oesapa, Beni Salmun umbar solusi.

Ia menyarankan kepada Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kupang, maupun pemerintah Kota Kupang agar dapat bekerja sama dengan pemilik sumur bor di Kelurahan Oesapa, dan Oesapa Barat.

Menurut dia, sumur bor milik warga di kedua kelurahan tersebut biasa dimanfaatkan oleh pemilik mobil tangki air karena memiliki kapasitas sangat besar.

“Ada 11 sumur bor milik warga yang debet airnya besar. Rata-rata debet air dari sebelas sumur bor itu 600 liter/detik. Jumlah itu sangat besar untuk melayani masyarakat Kota Kupang,” katanya.

Ia menegaskan bahwa disirinya sempat membaca di media soal rencana pemerintah menyuling air laut, dan membangun reservoar besar untuk menampung air dari Bendungan Tilong untuk mengalirkannya kepada warga lewat PDAM Kota Kupang. Namun cara itu menurutnya tidak efesien.

“Kalau Menyuling air laut butuh teknologi yang tinggi dan butuh biaya besar. Sedangkan kalau membangun reservoar yang banyak kemudian menampung air dari Bendungan Tilong, ya sama saja, karena air dari Bendungan Tilong kadang keruh dan tidak bisa dikonsumsi. Kalau hanya untuk mandi dan cuci, tentu tidak masalah,” tambahnya.

Solusi yang baik untuk pemenuhan air bagi warga Kota Kupang, menurut dia, adalah bekerja sama dengan pemilik sumur yang ada di Kelurahan Oesapa. Dengan debet air yang mencapai 6000 liter perdetik, bisa menjawab kebutuhan air warga Kota Kupang, apalagi sepengetahuan dirinya, belum ada satupun sumur bor milik PDAM yang punya kapasitas sebesar itu.

“Saya pikir bagaimana pendekatan pemerintah dengan pemilik sumur bor,” pungkas dia.

Baca Juga :  Daniel Hurek: Misi Jonas-Herman bukan turun tapi naik...

 

 

Penulis: Nyongki

 

 

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button