Home / News NTT / Dinas PU Kota Kupang siap layani IMB warga

Dinas PU Kota Kupang siap layani IMB warga

Viktor Maubana. (foto: lintasntt.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang memperbarui kebijakan perihal pengurusan ijin membangun bangunan (IMB).

“Pasca pengalihan pengurusan IMB dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT), yang sekarang telah berganti nama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terbadu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) siap mengemban tugas pelayanan kepada publik,” kata Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Dinas PU Kota Kupang Viktor Maubana kepada moral-politik.com di ruang kerjanya, Kota Kupang, Jumat (24/2/2017) siang.

Menurutnya, sejak awal tahun 2017 sudah banyak warga yang datang melakukan pengurusan IMB di Dinas PU, namun pelayanan belum dilakukan secara prima karena terkendala pada staf yang mengurusnya. Hal ini disebabkan Dinas PU masih mengalami kekurangan tenaga khusus yang menangani soal pengurusan IMB, sehingga pihaknya sering kewalahan.

Meskipun begitu, kata Maubana, pihaknya selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga.
“Kami akan selalu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan perijinan bagi masyarakat,” yakin dia.

Dikatakan, untuk mengurus IMB, masyarakat harus menyiapkan sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan seperti advis plan yang dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, gambar rencana bangunan, yang telah disetujui Kadis PU, surat keterangan lurah yang disahkan camat, analisis dampak lingkungan (untuk bangunan hotel dan perkantoran), foto copy KTP, SPT PBB tahun terakhir, foto copy bukti kepemilikan lahan (sertifikat), dan sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan.

Namun dari semua itu, tambahnya, ada persyaratan yang harus disertai dengan surat pernyataan dari pihak yang melakukan pengurusan IMB, yaitu surat pernyataan bersedia membuat lubang peresapan air hujan dan air limbah di halaman rumah.

Baca Juga :  Soal Kerukunan Beragama di NTT, ini kata Kapolda NTT

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button