Home / Sains / Elite PDIP berbeda soal Demokrat di putaran kedua Pilkada

Elite PDIP berbeda soal Demokrat di putaran kedua Pilkada

Debat pilgub DKI 2017. ©2017 Merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pilkada DKI Jakarta putaran kedua bakal digelar 19 April 2017 mendatang.

Koalisi dari dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI pun mulai mendekati partai politik pendukung Agus-Sylvi.

Salah satunya kubu pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful Hidayat yang dimotori oleh PDIP. Beberapa waktu lalu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto telah mendatangi DPP PKB buat melakukan komunikasi politik agar partai besutan Muhaimin Iskandar itu bergabung mendukung Ahok-Djarot di putaran kedua Pilkada DKI.

Para elite PDIP juga menyerukan agar parpol pendukung pemerintahan Jokowi-JK bergabung dengan PDIP buat memenangkan Ahok-Djarot. Seperti diketahui, di putaran pertama, tiga parpol pendukung Jokowi-JK yakni PKB, PAN dan PPP berada di kubu pasangan Agus-Sylvi yang tak lolos ke putaran kedua.

Namun, PDIP beberapa waktu lalu sepertinya tak melirik Partai Demokrat yang notabene satu koalisi dengan PKB, PAN dan PPP sebagai pendukung Agus-Sylvi, buat bergabung memenangkan Ahok-Djarot.

“Kalau di daerah itu ada kekhasannya sendiri-sendiri, sehingga kerja sama Demokrat dan PDIP di Aceh pun dapat terjalin. Tetapi khusus di DKI Jakarta kan kita sama-sama tahu bahwa sejak awal Demokrat mengambil posisi untuk mengusung calonnya sendiri, dan kita sama-sama tahu dinamika politik yang terjadi di Pilkada Jakarta,” kata Wasekjen PDIP Ahmad Basarah di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (18/2) lalu.

Basarah mengatakan, PDIP menganggap sikap politik Demokrat secara nasional adalah sebagai partai penyeimbang. Sehingga, bisa disimpulkan Demokrat tidak akan mendukung Ahok-Djarot di putaran dua Pilgub DKI nanti.

“Sebagai partai penyeimbang tentu logika politik tentu terkait putaran kedua ini Demokrat akan mengambil posisi sebagai penyeimbang,” katanya.

Baca Juga :  Jadwal CPNS 2016 Terbaru Jalur GGD Khusus Kemdikbud

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button