Home / News NTT / Hujan lebat, ratusan rumah di Kota Kupang disapu banjir

Hujan lebat, ratusan rumah di Kota Kupang disapu banjir

foto: semar dju/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Ratusan rumah di kawasan Oesapa Timur, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) tergenang air akibat luapan air dari draenase yang baru dikerjakan akhir tahun 2016 lalu tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kepada wartawan Yabes kollo (26) warga RT. 23, RW. 008 mengatakan, air tergenang diakibatkan draenase yang penuh kotoran sehingga air meluap ke badan jalan dan rumah warga dengan ketinggian diperkirakan 5 – 7 meter.

Menurutnya, kotoran dalam draenase itu akibat kurang perhatian dari dinas terkait sehingga air dimusim hujan meluap ke rumah warga dan badan jalan, padahal i sini adalah kos – kosan, di saat banjir penghuni kos banyak yang panik.

Senada dengan YYabes, Marselina Seran (54) warga RT. 21 RW. 008, Kelurahan Oesapa mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat luapan air di depan Pasar Oesapa sampai depan SPC yang baru dikerjakan asal-asalan tidak sesuai dengan perencanaan awal.

“Meluapnya air dari draenase akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Timoraya mulai dari kilometer 10 sampai cabang Masjid Oesapa. Sehingga ratusan rumah yang tergenang banjir tersebut tersebar di monitor, Kolei, Jl. Suratim dan Dalekesa.

 

Menurut Seran, Tim Penanggulangan Bencana dari Pemkot Kupang atau Pemprov NTT harus ambil tindakan untuk melakukan proses evakuasi barang-barang milik warga, dan membantu membersihkan sisa-sisa lumpur bercampur air yang menggenangi rumah penduduk. Namun kenyataannya rakyat dibiarkan begitu saja.

Kepala Biang Cipta Karya Provinsi NTT Frans Pangalina ketika di hubungi wartawan tak merespon sama sekali, maupun Kasatker Cipta Karya Provinsi NTT Ina Bunga pun tak mengangkat telpon dari wartawan sampai artikel ini ditayangkan.

 

Penulis : Semar Dju

 

Baca Juga :  Menteri Luhut lirik potensi garam di Provinsi NTT...

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button